Settingan Lovebird Betina Sistem Koloni Agar Stabil

  • Whatsapp

Settingan untuk lovebird bisa dilakukan dengan berbagai cara yang dianggap tepat. Bagi banyak lovebird mania, settingan untuk burung betina yang sudah ngunci agar stabil adalah dengan menerapkan sistem koloni. Nah, berikut adalah cara setting lovebird betina  sistem koloni agar stabil.

Banyak pertanyaan dari lovebird mania tentang bagaimana cara menyetting burung betina yang sudah konslet ngunci agar stabil. Dengan demikian, burung bisa bermain sesuai harapan saat berada di gantangan.

Salah satu cara yang dapat diterapkan untuk menstabilkan birahi lovebird betina yang ngunci konslet adalah dikoloni dengan beberapa ekor lovebird baby / paud dalam satu kandang kotak.

Metode koloni tersebut diyakini oleh sebagian besar lovebird mania dapat membantu meredam birahi, sekaligus mencegah lovebird betina bertelur, apalagi seperti diketahui burung yang sudah bertelur biasanya mudah down.

Umumnya lovebird betina yang sudah ngunci konslet akan dirawat dengan sistim untulan atau pasangan. Sehingga dalam penerapan settingan ini, sepasang gacoan kita itu akan ditempatkan bersama-sama  3-5 lovebird yang masih baby atau paud dalam satu kandang kotak.

Settingan koloni ini secara langsung dapat membantu menaikkan mental lovebird betina, karena kemungkinan yang akan terjadi adalah ia akan menyerang paud-paud karena “cemburu”. Hal ini tentu dapat menjadikan birahinya tetap stabil.

Selain birahi yang stabil, manfaat koloni di atas lainnya adalah mencegah betina bertelur. Namun begitu, kalaupun lovebird betina gacoan kita itu kawin lalu bertelur, maka kita tidak perlu panik karena hal itu tidak akan mempengaruhi penampilannya, dikarenakan birahinya sudah lebih stabil.

Adapun pola rawatan lainnya seperti pakan, mandi, dan jemur dilakukan sesuai settingan yang biasa diterapkan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *