Rawatan Kacer Bakalan agar Cepat Jinak dan Bunyi

  • Whatsapp

Kacer disukai karena memiliki suara kicauan yang nyaring dan bervariasi. Selain itu, kacer juga memiliki gaya berkicau unik yang dikenal dengan sebutan ngobra. Nah, untuk panduan pemula, berikut tips rawatan kacer bakalan agar cepat jinak dan bunyi.

Kacer adalah burung kicauan dengan karakter fighter dan teritorial. Sifat alaminya sangat agresif sehingga perawatannya harus dilakukan dengan penuh perhatian untuk mencegah burung stres dan macet bunyi.

Bagi pemula, kacer bakalan atau mh lebih banyak dipilih karena harganya yang terjangkau daripada burung jadi atau gacor. Namun untuk menjadikannya rajin bunyi, harus menjalani serangkaian terapi terlebih dahulu, karena kacer bakalan umumnya masih liar / giras.

Berikut cara merawat kacer bakalan agar cepat jinak dan bunyi:

  • Setelah mendapatkan burung yang dipilih di pasar burung, segera pindahkan burung ke dalam sangkar dengan ukuran medium atau sangkar no 2. Hal ini untuk memudahkan proses perawatan dan adaptasinya.
  • Sangkar sebaiknya menggunakan satu buah tenggeran yang dilengkapi dua buah cepuk yang terdiri dari cepuk pakan dan cepuk minumnya.
  • Bagian dasar sangkar dilengkapi dengan karpet untuk mencegah kaki burung terkait jeruji karena kondisinya yang masih liar atau giras.

Perawatan kacer bakalan agar cepat jinak dan rajin bunyi

  1. Setiap pagi burung rutin diembunkan, berikan satu sendok teh kroto saat burung sedang diembunkan.
  2. Setelah matahari terbit, mandikan kacer dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup. Penyemprotan dilakukan secara hati-hati dan perlahan agar burung tidak mudah ketakutan. Jika memungkinkan, mandikan burung menggunakan karamba mandinya.
  3. Jemur burung di tempat rendah, usahakan lokasinya berada di daerah yang banyak aktivititas manusia. Tahap ini untuk melatih adaptasi sekaligus proses penjinakannya. Penjemuran berlangsung selama 1 jam, setelah itu burung diangin-anginkan di tempat teduh.
  4. Berikan pakan tambahan yang terdiri dari 3 – 5 ekor jangkrik, satu sendok teh ulat kandang atau 2 ekor ulat hongkong, dan jika ada 1 ekor ulat bambu.
  5. Berikan air minum yang sudah dicampur dengan multivitamin untuk membantu mencegah burung stres, dan untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya setiap hari.
  6. Pada siang hingga sore hari, kacer digantung pada posisi yang lebih rendah di tempat yang sejuk.
  7. Biasakan untuk berinteraksi langsung dengan burung setiap hari, misalnya memberikan pakan serangga langsung dari tangan atau dengan bantuan lidi.
  8. Pada malam hari, berikan full kerodong lalu sangkarnya diletakkan di ruangan yang menjadi aktivitas keluarga.
  9. Setelah 1 minggu terapi, Anda bisa memulai memberikan pemasteran menggunakan suara rekaman burung yang diinginkan.
  10. Setelah burung mulai terlihat jinak dan mau bunyi, tambahkan tenggeran di dalam sangkarnya sehingga jumlahnya kini menjadi dua buah tenggeran yang dipasang menyilang.

Demikian tips dan cara rawatan kacer bakalan agar cepat jinak dan bunyi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *