Proses Perjodohan Lovebird untuk Untulan

  • Whatsapp

Settingan untulan banyak dilakukan penggemar lovebird karena dianggap lebih efektif jadikan burungnya makin gacor dan konslet. Meskipun begitu, pemilihan burung untulan yang tidak tepat tentu akan menjadikan lovebird cenderung berperilaku agresif, sehingga penampilannya pun akan terus menurun. Sebagai panduan, simak cara menjodohkan lovebird untuk settingan untulan berikut ini.

Settingan untulan umumnya diterapkan untuk melatih lovebird muda agar rajin ngekek dan konslet. Cara ini juga banyak dilakukan kicaumania untuk meredam birahi lovebird yang terlalu gacor atau bocor.

Pemilihan burung yang akan dijadikan untulan / pasangan, sebaiknya dilakukan dengan pengamatan dan cara-cara yang tepat. Dalam beberapa kasus, pemilihan pasangan yang kurang tepat justru akan menjadikan salah satu burung bertindak terlalu agresif dengan menyerang pasangannya.

Untuk meminimalisir kontak fisik, maka keduanya harus dilatih terlebih dahulu agar bisa saling mengenal satu sama lainnya. Pelatihan ini juga bertujuan untuk memunculkan ikatan atau perjodohan di antara kedua lovebird yang akan diberikan settingan untulan.

Ada empat tahap menjodohan lovebird untuk settingan untulan, yaitu:

1. Tahap perkenalan 

Tahap perkenalan adalah langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai proses penjodohan untuk settingan untulan. Pada tahap ini, kedua burung ditempatkan dalam sangkar masing-masing, lalu digantung berdekatan dengan posisi sangkar full kerodong atau diberi sekat yang bertujuan agar burung tidak saling melihat.

Sangkar keduanya kemudian disimpan di dalam sebuah ruangan khusus atau lokasi lain yang tidak ada burung lovebird lain di sekitarnya. Proses ini berlangsung selama 1 – 2 minggu, dan selama itu pula burung tidak boleh dimasukkan dalam satu sangkar.

Kedua burung hanya diperbolehkan saling melihat hanya pada saat sedang diembunkan saja. Nah, pada pagi hari ketika pengembunan itu, kerodong keduanya bisa dibuka dan burung dibiarkan saling melihat satu sama lain dengan posisi sangkar berdekatan. Setelah matahari terbit, keduanya tidak diperkenankan untuk saling melihat.

Perawatan harian yang diterapkan tidak terlalu jauh berbeda dengan pola rawatan harian pada umumnya. Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah penggunaan pakan biji-bijian yang tepat dan berkualitas baik.

Penggunaan pakan biji-bijian yang baik kualitasnya sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi keduanya selama proses penjodohan berlangsung. Selain itu, pakan tersebut juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, menjadikan burung rajin bunyi, serta tidak gampang over birahi.

2. Tahap interaksi 

Setelah 1-2 minggu kemudian, perawatan yang diterapkan sama seperti minggu-minggu sebelumnya. Namun yang berbeda dalam perawatan kali ini adalah kedua burung yang dibiarkan saling melihat alias tanpa kerodong maupun sekat.

Pada tahap ini, kedua sangkar digantungkan secara berdempetan dengan posisi tenggeran sejajar. Hal ini untuk memudahkan burung agar bisa saling berinteraksi satu sama lainnya. Interaksi yang muncul biasanya saling mengadu paruh, tidur dan berdiri berdempetan, dan bentuk interaksi lainnya.

Tahap interaksi berlangsung selama 1 minggu, dan selama itu pula tidak boleh ada burung lovebird lain digantung di sekitar keduanya. Keberadaan lovebird lain justru bisa mengganggu proses penjodohan dan menjadikan birahi salah satu atau keduanya jadi cenderung tidak stabil.

3. Tahap penyatuan 

Pada tahap ini, kedua burung ditempatkan dalam satu sangkar bersama-sama. Hal ini bertujuan untuk pengenalan lebih dekat dan memudahkan burung untuk lebih saling berinteraksi. Namun perlu diperhatikan, menyatukan kedua burung sebaiknya tidak dilakukan setiap hari, melainkan hanya dilakukan 2 -3 kali dalam satu minggu.

4. Tahap pemisahan untulan 

Tahap berikutnya adalah kembali memisahkan kedua burung ke dalam sangkarnya masing-masing. Pada minggu-minggu ini, kedua burung sudah memiliki ikatan satu sama lainnya, sehingga mereka akan selalu terlihat bersama dan saling mengeluarkan suaranya secara bersahut-sahutan.

Jika burung lovebird yang dijadikan gaco mau dilatih dalam sebuah lomba burung, maka perawatan lomba mulai diterapkan dengan menggunakan settingan untulan seperti dalam artikel berikut ini:

Settingan konslet untuk lovebird untulan

Untuk menjaga kondisi kedua pasangan lovebird tersebut sebelum dan sesudah lomba, maka perawatan harian dan lomba, burung mendapatkan asupan mulvitamin tambahan yang dicampurkan ke dalam air minumnya.

Demikian cara menjodohkan lovebird untuk settingan untulan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *