Proses Mencetak Lovebird Betina Konslet

  • Whatsapp

Mencetak lovebird konslet banyak dilakukan dengan burung betina karena dianggap mempunyai kelebihan dari segi durasi maupun irama ngekeknya. Akan tetapi, proses mencetak lovebird betina konslet membutuhkan waktu dan konsistensi rawatan, terutama karena faktor emosi dan birahinya yang cenderung lebih cepat naik dari burung jantan.

Ada beberapa tahap menuju lovebird konslet dan settingannya yang harus diperhatikan, namun faktor terpenting adalah pemilihan materi lovebird betina yang akan dibuat konslet tersebut. Karena yang dibutuhkan di sini adalah lovebird betina dewasa atau yang berumur di atas 1 tahun dengan kondisi sudah aktif ngekek dan berdurasi.

Untuk pemilihan materi yang lebih baik adalah memanfaatkan lovebird betina yang sudah berpasangan dengan pejantan dan pernah bertelur. Dengan demikian, proses selanjutnya akan jadi lebih mudah.

Setelah mendapatkan lovebird betina dengan kriteria tersebut, proses selanjutnya adalah melakukan proses pengembunan serta perawatan mandi dan jemurnya. Pengembunan harus rutin dilakukan karena sangat bermnafaat untuk menjadikan burung tetap fit dan aktif.

Proses perawatan mandi dilakukan dengan menyediakan cepuk untuk mandi di dalam sangkarnya. Dengan begitu, burung akan mandi sendiri sehingga tidak perlu disemprot. Tapi jika lovebird belum juga mau mandi, maka penyemprotan bisa dilakukan untuk merangsang mandi.

Proses penjemuran dilakukan tidak lebih dari satu jam atau seperlunya saja. Proses jemurnya pun dilakukan dengan cara dijejerkan bersama lovebird betina lain dan dijauhkan dari keberadaan burung jantan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemberian milet harus disertai dengan pemberian pakan tambahannya atau EF, dalam hal ini adalah jagung yang diberian setiap 2 kali seminggu. Pakan EF lain yang bisa diberikan adalah timun yang bermanfaat untuk menjaga kestabilan birahinya.

Proses perawatan di atas harus dilakukan secara rutin dan teratur setiap harinya. Setelah lovebird betina mulai terlihat gacor, maka untuk menguncinya bisa dilakukan dengan sering membawanya ke lapangan meski tidak untuk dilombakan. Hal ini bertujuan untuk melatih adaptasi, mental, dan juga untuk mengunci karakter ngekeknya.

Selama proses gacor tersebut, lovebird betina jangan dulu disatukan dengan pejantan pasangannya, tetapi cukup didekatkan saja dengan sangkar lain yang berisi burung jantan. Alternatifnya bisa menyediakan burung lovebird yang masih anakan sebagai untulannya, sehingga dengan begitu, birahinya akan terselurkan saat meloloh lovebird anakan / balibu tersebut.

Keberhasilan proses mencetak lovebird konslet akan lebih berpeluang besar jika burung yang dilatih itu sudah dalam kondisi aktif ngekek alias gacor. Proses gacor cuek itu sendiri umumnya bisa berlangsung selama 2 sd/d 5 bulan, atau bisa juga lebih lama lagi jika perawatannya kurang konsisten.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *