Perawatan Perkutut Lokal Agar Rajin Bunyi

  • Whatsapp

Banyak yang lebih senang memelihara perkutut bangkok ketimbang lokal. Perbedaan kualitas suara menjadi salah satu pemicu banyak orang lebih tertarik memelihara perkutut bangkok. Namun jika dirawat dengan baik, perkutut lokal pun bisa memiliki suara yang tak kalah merdunya. Berikut tips perawatan perkutut lokal agar rajin bunyi.

Perkutut lokal yang banyak dijual di pasar-pasar burung umumnya berasal dari hasil tangkapan alam / hutan. Itu sebabnya, harga jualnya masih cenderung lebih murah daripada perkutut jenis bangkok yang kebanyakan adalah hasil tangkaran.

Masih banyaknya peminat perkutut lokal pun tak lain adalah karena keistimewaan burung ini, terutama karena budaya dan mitos yang masih diyakini di masyarakat banyak. Bagi penggemarnya, memelihara perkutut lokal dapat mendatangkan keberuntungan dan simbol pembawa rezeki apalagi jika didukung dengan katuranggan dari burung perkutut tersebut.

Untuk kualitas suaranya, banyak yang menganggap perkutut lokal memiliki kualitas suara dibawah perkutut bangkok. Suaranya pelan dan tipis, kadang suara kungnya pun terdengar patah-patah. Tapi tidak semua jenis perkutut lokal memiliki kualitas suara tersebut, karena jika dirawat dengan sangat baik kualitas suaranya akan setara dengan perkutut bangkok.

Tips perawatan perkutut lokal agar rajin bunyi

Ada beberapa pola rawatan yang dapat diterapkan agar perkutut lokal tambah rajin berbunyi yaitu:

1. Menjaga kebersihan bulu dan sangkarnya

Faktor utama yang bisa menjadi penentu rajin tidaknya burung perkutut adalah kebersihan sangkar dan bulunya. Sangkar yang terlalu kotor dan jarang dibersihkan dapat mengundang berbagai bakteri, parasit, jamur, dan kutu datang untuk berkembang biak. Akibatnya, burung akan mudah terserang berbagai penyakit yang menyebabkannya jadi jarang bunyi atau malas mengeluarkan suara kicauannya.

Baca:   Penyebab dan cara mengatasi kacer nyilet

Setiap hari sangkar harus selalu dibersihkan dari kotoran dan sisa pakan. Selain itu, seminggu sekali usahakan juga agar burung selalu dimandikan dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan bulu dan menghilangkan kutu maupun parasit yang mengganggunya.

2. Menjemur perkutut di waktu yang tepat

Lakukan penjemuran setelah burung perkutut dimandikan. Penjemuran bisa dilakukan dengan meletakkan sangkarnya di dasar jika menggunakan sangkar harian biasa, sedangkan jika menggunakan sangkar khusus perkutut bisa dijemur dengan menggunakan tiang kerekan atau digantang pada posisi tertinggi .

Penjemuran dilakuan mulai pukul 07:00 s/d 10:00. Selesai penjemuran, burung dipindahkan ke tempat teduh untuk diangin-anginkan setelah itu baru dipindahkan ke tempat biasa Anda menggantungkan sangkarnnya, misalnya di teras.

3. Dipancing dengan suara burung

Ketika burung sedang dijemur, Anda bisa memutarkan suara burung perkutut yang memiliki lagu dan irama yang Anda sukai. Selain berguna untuk memancingnya berbunyi, siapa tahu juga suara tersebut bisa ditiru oleh burung perkutut lokal kesayangan Anda tersebut.

4. Berikan multivitamin

Berikan multivitamin seperti Sup Plus Bird untuk menjaga kondisi dan kesehatan burung perkutut rawatan Anda. Selain itu, Sup Plus Bird juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan daya tahan burung setiap hari sehingga burung akan selalu terpancing untuk rajin berbunyi.

5. Berikan pakan yang sesuai

Perkutut adalah burung pemakan benih dan biji-bijian. Perawatan hariannya harus disertai dengan pemberian pakan tersebut. Untuk menjadikannya rajin bunyi maka pengaturan pakan harus dilakukan khususnya pakan yang memiliki kandungan biji bervariasi.

Untuk pakan biji-bijian, memberikan pakan kemasan lebih dianjurkan karena lebih terjamin kualitas, kebersihan, dan manfaatnya. Salah satu pakan perkutut yang bisa digunakan adalah Kristal Perkutut yang sudah diracik dengan aneka bahan biji-bijin yang kaya manfaatnya.

Selain menjadikan burung perkutut lokal selalu aktif dan sehat, pakan kristal perkutut juga terbukti cukup ampuh jadikan burung tambah rajin bunyi dan cepat gacornya. Pemberian secara rutin juga dapat menjadikan bulu semakin kuat dan sehat sehingga terhindar dari kerusakan bulu yang sering terjadi.

Demikian tips perawatan perkutut lokal agar rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *