Perawatan Lovebird Lomba di Musim Hujan

  • Whatsapp

Sebagian besar wilayah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Inilah masa di mana beberapa jenis burung peliharaan seperti lovebird, akan mengalami penurunan kondisi dan penampilannya. Sebagai panduan, berikut tips perawatan lovebird lomba di musim hujan.

Burung lovebird rentan terserang penyakit di musim hujan

Perlu diketahui, lovebird bukanlah spesies burung asli Indonesia yang beriklim tropis, habitat aslinya adalah di Benua Afrika yang bersuhu hangat. Oleh karenanya, untuk menjaga kondisinya agar selalu siap lomba, maka dibutuhkan perhatian ekstra dalam perawatannya.

Kondisi cuaca pada saat ini memang cenderung gampang berubah yang disebabkan oleh perubahan iklim global. Pada suhu yang sedang panas, bisa saja mendadak turun hujan disertai angin yang berhembus sangat kencang, begitu pun sebaliknya.

Perubahan cuaca yang tidak menentu tersebut tentu akan sangat mempengaruhi kondisi dan penampilan burung piaraan, terutama dari jenis lovebird. Walaupun lovebird hasil ternak dianggap sudah beradaptasi dengan kondisi suhu dan cuaca di Indonesia, tapi susunan genetiknya tetaplah sama dengan burung yang berasal dari habitat aslinya di Afrika.

Lovebird pada dasarnya memang terbiasa untuk hidup pada suhu yang hangat dan panas. Ketika berada pada suhu dingin, misalnya di musim hujan seperti saat ini, maka lovebird akan mudah mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh, sehingga rentan terserang penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, perawatan khusus lovebird di musim hujan harus diterapkan untuk menjaga kondisi dan penampilannya, terutama untuk burung yang biasa dilombakan.

Ada beberapa cara perawatan yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Menyimpan lovebird di tempat hangat, misalnya di ruangan khusus yang sudah terdapat lampu penghangat tambahan atau lampu full spectrum.
  • Memberikan asupan pakan tambahan (EF) yang lebih bervariasi.
  • Rutin memberikan multivitamin / suplemen untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuhnya selama musim dingin / hujan.
  • Memanfaatkan kandang umbaran jika cuaca sedang panas / tidak hujan.
  • Memanfaatkan kesempatan untuk menjemur burung jika kondisi cuaca sedang bersahabat.
  • Selalu menutupi sangkarnya dengan kain kerodong pada sore dan malam hari.

Perawatan lovebird lomba di musim hujan yang sangat perlu diperhatikan adalah memberikan pakan milet yang berkualitas. Milet yang baik dikonsumsi lovebird adalah yang tidak membuat kegemukan dan over birahi jika burung mengkonsumsinya secara berlebihan.

Untuk melengkapi kebutuhan pakannya, pemberian pakan tambahan harus pula diperhatikan. Pada musim penghujan, lovebird bisa diberikan pakan tambahan berupa jagung manis, biji berkecambah, kangkung, dan buah apel merah.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *