Perawatan Kenari Rumahan Agar Berkualitas Lomba

  • Whatsapp

Untuk melatih agar kenari rumahan memiliki suara kicauan bervariasi dengan kualitas burung lomba maka yang dibutuhkan adalah penanganan yang tepat, dan yang lebih terutama adalah dimulai sejak kenari tersebut masih anakan atau berumur di bawah 2 bulan.

Kenari rumahan umumnya memiliki suara kicauan yang standar. Hal ini dikarenakan sejak masih anakan, kenari tersebut hanya sering mendengarkan suara kicauan asli induknya, dan sama sekali tidak pernah mendengarkan suara burung lainnya.

Namun jika rutin dilatih dengan metode rawatan yang tepat, maka kenari bersuara standar pun akan mempunyai kualitas lagu, cengkok, dan mental tempur yang tak kalah dengan burung yang kerap dilombakan.

Berikut beberapa tips perawatan kenari rumahan agar berkualitas lomba

1. Lakukan pemasteran sejak dini 

Idealnya pemasteran kenari dilakukan sejak burung masih diloloh induknya atau burung yang masih berumur di bawah 1 bulan. Hal ini perlu dilakukan karena pada kondisi tersebut kenari masih memiliki ingatan / memory yang cukup tajam terhadap suara-suara yang didengarnya.

2. Lakukan pemasteran awal dengan suara non kenari

Jika ingin mencetak kenari yang berkualitas lomba, maka pemasteran awal untuk kenari anakan sebaiknya dilakukan dengan suara non kenari. Pemasteran awal ini menggunakan suara burung lain bertujuan untuk melatih irama / cengkok, serta untuk melatih pernafasan saat membawakan lagu-lagunya. Tahap pemasteran awal bisa menggunakan suara pleci, blackthroat, atau jenis burung lain yang bersuara ngerol.

3. Memberikan pakan bergizi 

Kenari membutuhkan asupan pakan bergizi yang berasal dari bulir biji-bijian maupun extra foodingnya. Jadi untuk perawatan kenari anakan agar memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga mampu berpenampilan seperti burung lomba maka yang dibutuhkan tidak cukup pakan biji-bijian saja, berikan juga pakan tambahan seperti sayuran dan buah-buahan.

4. Gunakan kandang ukuran luas

Setelah umur kenari lebih dari 1 bulan, penempatan sangkar bisa menggunakan sangkar yang berukuran luas. Hal ini bertujuan untuk melatih pernafasan serta menjadikannya aktif bergerak. Setiap 1-2 kali seminggu, kenari dimasukkan ke dalam kandang umbaran sejak pagi s/d sore hari untuk dilatih.

Jika rutin dilatih, kenari akan memiliki pernafasan yang lebih panjang sehingga setelah dewasa mampu membawakan lagu-lagunya dengan ngerol. Perlu diingat pula, penjemuran pun harus rutin dilakukan setiap pagi. Sejak burung berumur 1 s/d 4 bulan, tahap pemasteran harus tetap dilakukan secara teratur.

5. Pemasteran ulang dengan suara kenari

Setelah burung berumur lebih dari 3 bulan, maka ia akan lebih sering ngeriwik. Pada saat inilah, pemilik mulai melakukan pengamatannya. Jika ia mampu mengulang-ulang ritmenya, maka itu artinya kenari sudah memiliki kualitas atau prospek sebagai burung lomba.

Pada saat inilah, pemasteran bisa dilanjutkan dengan tahap kedua, yaitu menggunakan suara kenari yang sudah ngerol dan rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *