Perawatan Burung Cucak Ijo di Musim Hujan

  • Whatsapp

Sebagian besar burung ocehan akan alami penurunan performa di musim penghujan, termasuk di antaranya adalah cucak hijau. Burung yang semula gacor dan bersuara kencang, akan cenderung ngeriwik saja setiap harinya. Jika tidak dirawat maksimal tentu penampilannya akan terus menurun. Nah untuk mengatasinya, simak perawatan burung cucak ijo di musim hujan berikut ini.

Perawatan burung cucak hijau di musim hujan tentu beda dengan rawatan di musim lainnya seperti panas atau kemarau. Pada musim hujan, perawatannya akan jadi lebih sulit karena kondisi cuaca dan suhu yang tidak memungkinkan untuk menerapkan perawatan harian seperti biasanya.

Ketika tidak dirawat sesuai kondisi cuaca saat itu, maka penampilannya akan cenderung menurun. Burung cucak hijau yang semula gacor dengan suara-suara isian yang bervariasi, akan lebih sering terpantau ngeriwik saja setiap harinya.

Untuk menjaga kondisi burung cucak hijau di musim hujan agar tetap aktif dan gacor, maka beberapa pola rawatan berikut ini bisa segera diterapkan, yaitu:

  • Letakkan burung di ruangan yang hangat, terutama pada malam hari saat akan beristirahat. Berikan full kerodong agar burung bisa total istirahat s/d esok paginya.
  • Selama musim hujan, pengembunan tidak perlu dilakukan tetapi keluarkan burung pada pagi hari setelah matahari terbit. Segera tempatkan sangkarnya di lokasi yang terkena paparan sinar matahari pagi secara langsung.
  • Setiap pagi, burung cucak hijau diberikan jangkrik dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya.
  • Berikan juga ulat hongkong sebannyak 2-3 ekor pada pagi dan sore harinya.
  • Tambahkan satu sendok ulat kandang yang disimpan dalam cepuk terpisah, diberikan setiap hari atau beberapa hari sekali (tergantung tersediaan).
  • Sesekali jemur burung di bawah sinar matahari begitu ada kesempatan, terutama karena di musim hujan cahaya matahari akan jadi sangat langka.
  • Saat hujan turun dengan deras, apalagi jika disertai hembusan angin kencang, maka segera pindahkan sangkarnya ke tempat aman.
  • Saat cucak hijau akan dibawa ke lapangan untuk lomba, berikan beberapa ekor ulat hongkong untuk menjaga kondisinya selama digantang.
  • Untuk menjaga kondisi burung selama musim hujan, berikan multivitamin karena mampu menjaga kondisi burung sepanjang hari, juga mendongkrak stamina dan mentalnya sehingga cucak hijau tetap aktif dan rajin bunyi.

Dengan menerapkan pola perawatan di atas dengan lebih rutin dan teratur, maka burung cucak hijau tidak akan mudah alami penurunan performa meskipun cuaca di luar sedang dingin-dinginnya karena musim penghujan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *