Perawatan Burung Anis Merah Setelah Mabung

  • Whatsapp

Perawatan burung anis merah setelah mabung harus dilakukan dengan cara yang tepat agar burung tetap aktif dan rajin bunyi. Tanpa perawatan yang tepat tersebut, anis merah akan cenderung malas bunyi atau bahkan macet bunyi meski telah menyelesaikan masa mabungnya dengan sempurna.

Sobat kicaumania tentu sering menemukan burung anis merah yang macet setelah mabung padahal sebelumnya sangat gacor dan sudah mau bergaya teler. Kondisi tersebut juga akan menurunkan nilai jualnya, terlebih ada anggapan mengenai sulitnya perawatan anis merah yang sedang macet.

Oleh karena itu, ketika burung anis merah telah menyelesaikan masa mabungnya, bukan berarti rawatannya cukup sampai di situ. Ada tahap-tahap lanjutan yang harus dilakukan dalam rangka mengkondisikan anis merah paska mabung khususnya untuk memulihkan stamina, fisik, dan mentalnya yang menurun selama mabung.

Berikut perawatan burung anis merah setelah mabung:

1. Anis merah harus lebih rutin diembunkan

Pengembunan sangat penting diberikan untuk burung anis merah yang baru saja menyelesaikan masa mabungnya. Selain bermanfaat untuk memancing burung berbunyi, pengembunan juga dapat membantu mendongkrak stamina, mental, dan energi burung sepanjang hari itu.

2. Mulai lebih sering dimandikan

Setelah mabung, maka perawatan mandi menjadi satu hal yang wajib dilakukan. Untuk anis merah yang baru saja menyelesaikan masa mabungnya, mandi bisa diberikan lebih sering dari biasanya.

  • Metode mandi yang dilakukan umumnya memandikan dalam kandang karamba, namun begitu Anda bisa memberikan terapi air pancuran dengan cara menempatkan kantong plastik berisi air yang sudah dilubangi lalu diletakkan di atas karamba mandinya. Terapi mandi seperti ini bisa membantu menenangkan burung, sekaligus mencegah dan mengatasi burung yang stres setelah mabung.

3. Berikan cacing tanah

  • Kebutuhan burung akan protein hewani semakin meningkat setelah mabung selesai. Selain untuk membantu memulihkan kondisi dan staminanya, kebutuhan pakan hewani tersebut sangat dibutuhkan untuk memancing burung lebih cepat bunyi.
  • Salah satu pakan yang dapat merangsang anis merah kembali bunyi adalah cacing tanah. Berikan 2 – 3 ekor cacing tanah setiap pagi, dan 1 – 2 ekor pada sore harinya. Pemberian secara rutin dapat membantu mendongkrak mental dan staminanya sehingga terhindar dari macet bunyi paska mabung.

4. Berikan makanan alternatif

  • Selain protein hewani, burung anis merah juga akan membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi yang bersumber dari buah-buahan. Oleh karena itu, setelah burung menyelesaikan masa mabungnya, maka pemberian buah-buahan sebaiknya dilakukan dengan cara yang bervariasi.
  • Beberapa jenis buah-buahan yang bisa diberikan untuk anis merah yang selesai mabung adalah apel, pepaya, jeruk, dsb. Untuk alternatifnya bisa diberikan parutan buah apel yang dicampur satu sendok kroto, lalu diaduk hingga merata sebelum diberikan.
  • Pemberian pakan alternatif tersebut diyakini mampu meningkatkan stamina dan mentalnya kembali usai mabung, sehingga burung terhindar dari kondisi macet bunyi maupun penurunan performa.

5. Tambahkan Vitamin!

  • Pemberian vitamin tambahan sangat penting dilakukan, terutama setelah burung anis merah menyelesaikan masa mabungnya. Vitamin yang diteteskan ke dalam air minumnya tersebut mampu membantu mendongkrak stamina, daya tahan, dan staminanya sepanjang hari

Demikianlah perawatan burung anis merah setelah mabung.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *