Penyebab Lovebird Balibu Hanya Ngeriwik Saja

  • Whatsapp

Pada dasarnya, ngeriwik adalah cara burung muda belajar menirukan suara induknya atau burung dewasa untuk mengasah kemampuannya berkicau. Tapi bagaimana jika burung cenderung lebih sering ngeriwk daripada berkicau? Hal ini sering dijumpai pada burung lovebird yang masih balibu. Untuk itu, simak solusinya berikut ini.

Lovebird balibu atau paud yang kebanyakan ngeriwik umumnya disebabkan oleh tiga hal, yaitu:

  • Faktor makanan.
  • Faktor settingan atau rawatan.
  • Faktor pemasteran.

Ketiga hal di atas juga sangat mempengaruhi pembentukan karakternya, apakah lovebird akan rajin ngekek atau cenderung bersuara ngeriwik saja. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Faktor makanan 

Untuk menjadikan lovebird balibu rajin ngekek dengan suara yang keras, maka kebutuhan nutrisinya harus lebih tinggi dari burung dewasa. Selain untuk mendukung pertumbuhkembangannya, pakan yang kaya nutrisi juga dapat merangsang burung untuk lebih rajin bunyi.

Dengan memberikan pakan yang terjamin kualitas dan kandungannya, lovebird balibu akan lebih cepat menirukan suara masterannya, sehingga suara ngekeknya pun akan terdengar lebih jelas dan kencang.

Salah satu pakan yang sangat direkomdasikan untuk lovebird balibu atau paud adalah Milet Volume+ yang diracik khusus untuk menjadikan burung rajin ngekek dengan volume yang keras dan panjang. Milet Volume+ banyak digunakan para pemain lovebird paud di lapangan, dan sudah mencetak beberapa burung jawara.

Selain asupan pakan dari milet racikan spesial, lovebird balibu juga membutuhkan asupan nutrisi yang berasal dari pakan tambahannya. Untuk lovebird balibu, sediakan saja sepotong jagung muda setiap hari.

2. Faktor perawatan 

Tidak bisa dipungkiri, faktor rawatan merupakan hal penting yang harus diperhatikan agar lovebird paud rajin ngekek dengan suara keras. Perawatan yang asal-asalan akan menyebabkan burung cenderung bersuara pelan atau ngeriwik saja.

Pola rawatan yang tepat untuk lovebird balibu misalnya, mengatur durasi penjemuran sesuai kebutuhannya, cara memandikan, hingga pengembunan rutin yang dilakukan secara teratur setiap hari.

3. Faktor pemasteran

Meski hanya sebatas opsi pilihan, namun pemasteran bisa menjadi satu hal yang mempengaruhi kualitas suara lovebird paud. Pemasteran dengan suara yang tepat, bisa menjadikan burung makin rajin ngekek dengan durasi yang lebih panjang.

Metode pemasteran bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu pemasteran menggunakan suara rekaman atau menggunakan burung-burung masteran. Jika suara masteran cocok dengan karakter dari lovebird paud tersebut, maka burung pun akan memilik kualitas suara yang di atas rata-rata.

Simak artikel pemasteran berikut ini; Cara memaster lovebird agar rajin ngekek

Itulah beberapa solusi jika lovebird balibu cenderung ngeriwik saja.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *