Penyebab Kacer Ngebalon dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Ngebalon atau mbagong adalah istilah yang digunakan kicaumania untuk menyebutkan perilaku burung kacer yang sering mengembangkan tubuh saat bertemu lawan mainnya di lapangan. Terkadang, perilaku tersebut dianggap cukup memalukan apalagi jika dilakukan di sebuah even lomba besar. Untuk mengetahui apa saja penyebab kacer ngebalon dan cara mengatasinya, silakan simak ulasannya berikut ini.

Umumnya perilaku ngebalon atau mbagong muncul karena burung yang sedang kurang kondisi, misalnya kurang fit atau kurang stamina. Faktor kurang kondisi itu pun bisa menyebabkan kacer belum siap mental jika dipertemukan dengan burung sejenis, khususnya dalam sebuah latihan atau latberan.

Kesiapan mental tentu belum cukup tanpa kesiapan fisik dan staminanya. Dalam banyak kasus, kacer akan mudah berperilaku ngebalon atau mbagong saat bertemu lawan main yang lebih mapan darinya. Akan tetapi, ada banyak faktor lain yang bisa memicu kacer menunjukkan perilaku tersebut, di antaranya adalah:

  • Faktor kurang birahi yang disebabkan burung yang kurang mendapatkan asupan EF dan multivitamin yang cukup. Selain itu bisa juga disebabkan oleh pola rawatan yang tidak teratur, terutama hal mandi dan jemurnya.
  • Faktor settingan ketinggian juga bisa memicu birahi berlebih yang memaksa kacer berperilaku ngebalon setelah beberapa saat tampil di awal-awal lomba.
  • Faktor mental yang buruk dari burung kacer tersebut yang disebabkan oleh genetika / turunan, stres atau trauma. Kondisi ini umumnya sulit untuk diatasi sehingga banyak orang lebih senang merawatnya sebagai burung rumahan saja.

Perilaku kacer yang kerap ngebalon setiap dilombakan bisa diatasi dengan melakukan sedikit perubahan terhadap perawatan hariannya. Selain itu, dengan memberikan metode terapi dan memenuhi kecukupan nutrisinya, bisa membantu mengurangi perilaku tersebut.

Cara mengatasi kacer yang kerap ngebalon

  • Pemulihan secara alami bisa dilakukan dengan memberikan terapi mandi pasir setiap 1-2 kali seminggu dengan cara menyediakan bak mandi yang berisi pasir ke dalam karamba mandi atau sangkar hariannya.
  • Perubahan pola pakan harus dilakukan untuk mengatur kondisi birahi burung. Jika perilaku muncul setelah kacer mengkonsumsi pakan ekstra secara berlebihan, maka segera lakukan perubahan dengan mengurangi pemberian pakan tambahannya tersebut. Begitu juga jika kacer tidak memiliki birahi yang cukup, maka pemberian pakan tambahannya itu harus ditingkatkan. Dengan kata lain, carilah settingan pakan yang tepat untuk mencegah kacer kembali ngebalon saat dilombakan.
  • Mandi malam secara teratur juga dapat membantu mengurangi perilaku ngebalon pada burung kacer.
  • Untuk membantu meningkatkan stamina, daya tahan, dan agar mentalnya tidak mudah ngedrop saat bertanding, berikan kacer suplemen mulvitamin Sup Plus Bird.
  • Untuk membantu meningkatkan stamina, daya tahan, dan agar mentalnya tidak mudah ngedrop saat bertanding, berikan kacer suplemen vitamin secara rutin. Multivitamin bermanfaat untuk menjadikan kacer makin rajin bunyi, gacor, juga menjadikan penampilannya makin bersemangat dan ngotot.

Demikian penyebab kacer sering ngebalon dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *