Penyebab Durasi Lovebird Jadi Pendek dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Sering terjadi lovebinrd yang tadinya rajin ngekek dengan durasi panjang, tiba-tiba berubah jadi pendek-pendek saja, bahkan cenderung jarang bunyi. Mengapa bisa begitu? Yuk simak beberapa penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya berikut ini.

Secara umum, kemampuan ngekek lovebird yang terus menurun durasinya dari yang semula gacor dan berdurasi panjang, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Burung yang stres,
  2. Adanya perubahan suasana baik pada lingkungan, sangkar, serta perawatan hariannya.
  3. Lovebird alami kegemukan atau obesitas,
  4. Burung baru menyelesaikan masa mabungnya,
  5. Lovebird yang mengalami defisiensi vitamin / mineral,
  6. Gangguan penyakit pada lovebird.

Untuk mengatasi lovebird yang semula gacor durasi panjang menjadi pendek-pendek, maka yang dibutuhkan adalah penanganan yang tepat. Penanganan ini harus dilakukan secara rutin, teratur, dan konsisten untuk mengembalikan durasi ngekeknya.

Cara mengatasi lovebird durasi panjang jadi pendek-pendek:

Mengasingkan lovebird jika masalah ini terjadi karena burung yang terlalu stres karena kalah mental, trauma akibat cidera atau kaget karena sangkar terjatuh, dsb. Atau memberinya untulan/pasangan jika masalah ini terjadi karena lovebird terlalu stres karena dipelihara sendirian dalam waktu yang cukup lama, atau ketika burung mulai memasuki masa matang kelamin.

Mulai memandikan lovebird pada malam hari dengan lebih rutin, terutama jika masalah ini terjadi karena birahinya yang terlalu berlebihan. Setelah dimandikan, burung diangin-anginkan sebentar lalu kembali diberikan kerodong dan istirahat sampai pagi harinya.

Membiasakan pengembunan sejak pagi-pagi hari sekali. Pengembunan bisa dilakukan pada satu jam sebelum matahari terbit.

Setelah matahari terbit, lovebird segera dimandikan dengan sistem semprot sampai basah kuyup, setelah itu dijemur dengan posisi sangkar berada di bawah / lantai (tidak digantung). Penjemuran bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Selain itu, penjemurannya pun bisa juga dilakukan sambil mengumbar lovebird di kandang umbaran.

Memberikan vitamin tambahan yang diteteskan langsung pada paruh atau bisa juga dicampurkan dengan air minumnya, untuk meningkatkan stamina dan daya tahannya, selain itu juga untuk menjaga kondisinya sepanjang hari. Burung yang sehat dan segar tentu akan lebih terpancing untuk rajin ngekek dengan durasi yang maksimal.

Demikian informasi mengenai beberapa penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *