Penting, 4 hal yang Harus diketahui Saat Burung Mabung

  • Whatsapp

Saat memasuki masa mabung, burung umumnya akan lebih banyak diam dan mulai mengurangi aktifitas maupun intensitas kicauannya. Hal ini penting diketahui, karena banyak pemula yang beranggapan kalau burung rawatannya itu sedang sakit atau stres sehingga melakukan hal-hal yang justru bisa mengganggu proses mabungnya. Untuk itu, simak  4 hal penting berikut ini yang harus diketahui saat burung mabung.

Saat mabung, burung cenderung mengurangi 30 s/d 50% aktifitas hariannya, termasuk berkicau. Pada saat itula proses metabolisme di dalam tubuh burung akan mengalami peningkatan dari kondisi normal. Energi yang dipunyainya akan digunakan untuk meluruhkan bulu-bulu lama.

Itulah sebabnya, ketika mabung burung harus mendapatkan perawatan yang tepat dan teratur. Sehingga selesai mabung, akan mempunyai penampilan dan performa yang lebih baik. Begitu juga jika burung tidak mendapatkan rawatan sebagaimana mestinya, maka penampilannya akan menurun drastis, dan proses mabung pun akan terhambat sehingga burung rentan stres.

Sebagai panduan, simak 4 hal yang penting diketahui saat burung mabung:

1. Menjaga ketersediaan pakan 

Kebutuhan makanan tinggi nutrisi sangat dibutuhkan oleh burung yang sedang dalam proses meluruhkan dan menumbuhkan bulu. Nutrisi yang lengkap terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, mineral, asam amino, dan lain-lainnya dapat membantu menjaga kesehatan dan kondisi burung semasa mabung.

Selain mendapatkan asupan makanan, burung yang sedang mabung juga bisa diberikan vitamin tambahan untuk menjaga kesehatan, kondisi dan staminanya selama proses mabung berlangsung.

2. Pengaturan lokasi 

Pahami, burung yang sedang mabung membutuhkan suasana lingkungan yang tenang, aman, dan nyaman. Oleh karena itu, ketika burung memasuki masa mabung, segera pindahkan sangkarnya ke lokas yang tenang, dan jauh dari gangguan. Untuk menjaga kenyamanan, bisa juga diberikan full kerodong di ruangan yang hangat dan terang.

3. Lakukan pemasteran 

Pemasteran berguna untuk menambah variasi vokal dan lagu-lagu yang dimiliki burung. Pemasteran biasanya dilakukan hanya kepada burung peliharaan yang punya kemampuan mimikri atau menirukan suara. Ketika burung mabung adalah masa yang tepat untuk melakukan pemasteran ulang atau re-mastered.

4. Mandi dan jemur 

Semasa mabung, burung juga akan tetap membutuhkan perawatan mandi dan jemurnya. Pemberian mandi bisa dilakukan setiap seminggu sekali, sedangkan penjemuran cukup dilakukan seperlunya saja, dengan durasi maksimal 10 menit. Penjemuran yang baik untuk burung mabung adalah sekitar jam 06:00 s/d 07:00 pagi.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui kicaumania ketika burung rawatannya sedang mabung.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *