Pakan Burung Ciblek Agar Gacor dan Ngebren

  • Whatsapp

Perawatan burung ciblek agar rajin bunyi membutuhkan lebih banyak perhatian, khususnya dalam hal pemberian pakan dan nutrisinya. Untuk itu, simak beberapa pakan yang umum dikonsumsi ciblek agar gacor dan ngebren berikut ini.

Ciblek mempunyai suara kicauan yang bervariasi, salah satunya adalah suara tembakannya yang khas, yang oleh kicaumania dikenal dengan sebutan suara ngebren. Suara tembakan yang rapat itu menjadi daya tarik tersendiri yang membuat burung ini banyak dimanfaatkan untuk masteran maupun lomba.

Namun tidak semua burung mau mengeluarkan suara tembakannya dengan rajin dan lantang, apalagi jika tidak didukung oleh perawatan harian yang tepat. Selain itu, kunci utama yang dapat menjadikan ciblek makin gacor dan bersuara ngebren adalah pemberian pakan yang tepat.

Ada beberapa jenis pakan yang sangat direkomendasikan untuk diberikan sebagai pakan harian dan tambahan ciblek agar makin gacor dan ngebren. Beberapa jenis pakan tersebut adalah:

1. Telur semut atau kroto 

Telur semut atau kroto khususnya yang berasal dari semut rangrang (Oecophylla) sangat disukai oleh banyak jenis burung pemakan serangga termasuk ciblek. Kandungan proteinnya yang tinggi menjadikan ciblek yang mengkonsumsinya cepat gacor dan terdongkrak mentalnya.

Akan tetapi, untuk menjadikan ciblek cepat gacor dan ngebren, maka pemberian kroto harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Jika dikonsumsi berlebihan, maka ciblek akan cenderung over birahi yang berujung pada penurunan performa.

2. Ulat hongkong

Ulat hongkong menjadi salah satu jenis pakan tambahan / EF favorit semua burung kicauan. Namun ulat hongkong memiliki lapisan kulit tebal yang disebut exoskeleton yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh burung ciblek. Untuk itu, pilihlah ulat hongkong yang berwarna putih atau yang sedang berganti kulit, karena memiliki bagian kulit yang lebih lunak sehingga sangat disukai oleh ciblek.

Namun karena ulat hongkong bersifat panas sehingga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan oleh ciblek. Oleh karena itu, berikan ulat hongkong dalam takaran sewajarnya saja, dengan batas pemberian maksimal 5 ekor setiap pagi dan sore hari.

3. Jangkrik 

Jangkrik juga menjadi salah satu jenis pakan tambahan / EF kesukaan semua jenis burung ocehan popular. Untuk ciblek, jangkrik yang diberikan sebaiknya yang berukuran lebih kecil untuk memudahkan burung mencerna makanannnya. Jangkrik dapat diberikan setiap hari, dan biasanya diberikan tanpa batasan jumlah. Namun begitu, pemberian yang wajar dapat menentukan rajin tidaknya burung ciblek berbunyi.

4. Telur rebus 

Telur rebus tidak hanya disukai oleh burung kenari saja, bahkan ciblek pun sangat suka jika diberikan pakan berupa telus rebus tersebut. Umumnya telur rebus yang digunakan berasal dari telur puyuh karena ukurannya yang kecil. Telur diberikan dengan cara digantung di dalam sangkarnya.

Sebaiknya telur rebus tidak diberikan setiap hari, tetapi cukup beberapa hari sekali. Hal ini terutama untuk menjaga kondisi birahinya yang menjadikan ciblek semakin gacor dan bersuara ngebren.

5. Voer halus

Pakan voer menjadi jenis makanan utama yang harus selalu tersedia selain pakan tambahannya. Pemberian voer yang tepat dapat mendongkrak stamina dan kondisinya sehingga ciblek semakin terpancing untuk rajin bunyi dan bersuara ngebren.

Sup Plus Bird dan voer halus Kristal Ciblek bisa diperoleh melalui tokopedia atau melalui whatsapp yang ada di halaman ini.

Demikian informasi mengenai beberapa jenis pakan ciblek agar gacor dan ngebren.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *