Murai Batu Masih Giras? Ini Cara Menjinakkannya

  • Whatsapp

Memelihara murai batu yang masih bahan atau muda hutan membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, terlebih lagi jika burung belum beradaptasi dengan lingkungan barunya. Perilakunya pun akan cenderung giras dan liar sehingga bisa merepotkan orang yang merawatnya. Berikut tips menjinakkan murai batu yang masih giras / liar.

Burung yang masih giras tentu akan menyulitkan dalam perawatannya, karena setiap didekati burung akan sangat ketakutan sehingga berpotensi menyakiti dirinya sendiri. Alhasil sang pemilik harus ekstra hati-hati saat akan mengganti pakan dan minumnya karena khawatir burung rawatannya itu terbentur perlengkapan sangkar saking ketakutannya.

Agar murai batu tersebut mau bunyi, maka langkah-langkah penjinakan harus segera dilakukan sehingga burung mampu mengenali situasi lingkungan di sekitarnya (adaptasi) dan tidak mudah takut atau kaget apabila didekati oleh orang yang merawatnya.

Berikut langkah-langkah menjinakkan murai batu yang masih giras / liar:

  1. Pengembunan dilakukan dengan lebih rutin yang bertujuan untuk meminimalisir stres pada burung murai batu yang masih bahan atau muda hutan.
  2. Letakkan sangkarnya lokasi yang tidak jauh dari aktivitas atau keramaian. Posisi gantungan sangkarnya pun dibuat tidak lebih tinggi atau hanya sebatas bahu saja.
  3. Untuk sementara murai batu tidak dijemur dulu sebelum burung mau bunyi atau ngeriwik di tempat ramai.
  4. Jika sudah bunyi, maka penjemuran bisa dilakukan cukup 1 jam dengan posisi sangkar tidak digantung tetapi cukup ditaruh di lantai.
  5. Untuk memudahkan pemberian EFnya, jangkrik terlebih dulu ditusuk lidi lalu diberikan pada burung. Secara bertahap setiap harinya panjang lidi dibuat pendek agar burung terbiasa diberi langsung melalui tangan.
  6. Saat berada di dalam rumah, gantungkan sangkarnya di ruangan yang ramai aktivitas seperti ruang televisi atau ruang keluarga. Bisa juga ditempatkan di lantai agar burung cepat beradaptasi dengan suasana ramai.
  7. Untuk membantu cegah stres, burung murai batu diberikan multivitamin yang juga bermanfaat untuk menjaga kondisi stamina dan daya tahannya. Selain itu, Sup Plus Bird sangat berguna untuk memancing burung agar mau rajin bunyi.

Setelah murai batu mulai terlihat lebih jinak meski sebatas jinak lalat, perawatan berikutnya tentu akan lebih mudah. Dengan begitu, Anda bisa memulai memberikan settingan sesuai yang diinginkan. Untuk settingan dan perawatan burung murai batu, silakan simak lagi dalam artikel berikut:

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *