Mengolah Materi dan Durasi Lovebird Sejak Dini

  • Whatsapp

Mencetak lovebird agar siap lomba bisa dilakukan sejak burung masih dalam kondisi piyikan atau setelah disapih dari induknya. Setelah dewasa, kemampuan burung akan meningkat seiring dengan latihan-latihan dan pola rawatan yang diterapkan. Untuk itu, simak tips mengolah materi dan durasi lovebird sejak dini.

Anak burung jenis paruh bengkok seperti lovebird umumnya lebih mudah dilatih dengan berbagai materi dan latihan. Pada umur tersebut, mereka masih mempunyai kemampuan besar untuk meniru, sehingga kerap dirawat untuk dilatih atraksi maupun untuk mengolah suara ngekeknya.

Bahkan tdak sedikit kicaumania yang sengaja merawat sendiri lovebird yang masih anakan untuk tujuan tersebut, sehingga setelah dewasa sudah memiliki kemampuan berkicau dan mental yang sangat baik sebagai burung lomba.

Mengolah materi dan durasi lovebird bisa dilakukan sejak dini, yaitu setelah peternak menyapih burung anakan dari induknya. Pada saat itu, perawatan anak lovebird tersebut dilakukan di bawah tanggung jawab orang yang merawatnya, termasuk memberi tempat dan lampu untuk penghangat dan memberinya makanan ketika lapar.

Berikut beberapa cara mengolah materi dan durasi lovebird sejak dini

  • Pada masa pelolohan, anakan burung harus diperdengarkan atau dimaster suara lovebird ngekek panjang secara terus menerus.
  • Memasuki masa belajar terbang, lovebird mulai dilatih menggunakan kandang umbaran. Masa pelatihan tersebut dilakukan secara bertahap dari satu minggu sekali sampai rutin 2-3 kali seminggu. Selain membantu anakan burung belajar terbang, melatihnya dalam kandang umbaran juga bermanfaat untuk melatih stamina dan pernafasannya.
  • Settingan harian dilakukan dengan menempatkan lovebird tersebut dalam kandang kotak bersama dengan beberapa ekor burung yang seumuran.
  • Keesokan harinya burung diembunkan dengan menggunakan sangkar bulat. Selain untuk kemudahan, penggunaan sangkar bulat juga dapat memancing burung mau mengeluarkan suaranya.
  • Setelah matahari terbit, lovebird dijemur dengan menerapkan metode mandi basah, yaitu menyemprot bulu hingga basah dengan sprayer lalu dijemur sampai kering.
  • Setelah kering, burung kembali disemprot hingga basah dan penjemurannya dilakukan di tempat yang sebagian sangkarnya terpapar sinar matahari.
  • Selesai dijemur, burung kembali dipindahkan ke dalam kandang koloninya.

Settingan sebelum lomba 

Melatih mentalnya bisa dilakukan dengan mencoba membawanya ke arena lomba. Begitu sampai lapangan, burung dimandikan lalu dijemur sampai kering. Menjelang naik gantangan, lovebird diberikan semprot embun.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *