Mengenali Ciri-ciri Lovebird Paud Ngekek Panjang

  • Whatsapp

Ketika memilih lovebird anakan / paud untuk dilatih menjadi burung lomba, maka yang perlu diperhatikan adalah kesiapan fisik dan mentalnya. Pilihlah burung yang memiliki prospek untuk bersuara ngekek panjang. Ciri-cir lovebird paud yang demikian bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini.

Lomba lovebird di berbagai daerah kini makin diramaikan dengan munculnya kelas-kelas untuk lovebird yang masih muda / paud. Even lomba yang cukup diminati oleh semua kalangan ini, sebagian besar pesertanya adalah para lovebird mania yang ingin menjajal penampilan burung rawatannya, sekaligus menjajal settingan yang selama ini sudah mereka terapkan.

Namun begitu, melombakan burung yang masih muda tentu berbeda penanganan dengan melombakan burung yang sudah berumur dewasa. Kondisi birahi yang masih labil, dan mental yang belum sepenuhnya terbentuk memberikan tantangan tersendiri bagi banyak penggemarnya.

Agar tidak salah pilih ketika ingin membeli lovebird anakan / paud untuk dilatih menjadi burung lomba, maka Anda harus bisa mengenali beberapa ciri burung yang memiliki kesiapan fisik dan mental yang baik. Lovebird dengan kondisi tersebut akan sangat mudah dilatih untuk bersuara ngekek panjang.

Berikut ciri-ciri lovebird paud yang memiliki prospek untuk bersuara ngekek panjang:

  • Bentuk paruh mancung dan tajam

    Pilihlah lovebird anakan/paud yang memiliki bentuk paruh yang mancung dan tajam (lancip).Burung dengan bentuk paruh tersebut diyakini memiliki kemampuan untuk bersuara ngekek yang lebih panjang.

  • Bentuk kepala yang proporsional

    Lovebird dengan bentuk kepala yang proporsional atau selaras dengan lebar leher (tidak bulat), diyakini memiliki stamina dan daya tahan yang lebih baik.

  • Bentuk leher yang lebar

    Leher yang lebar juga menjadi ciri bahwa burung tersebut akan mempunyai kualitas suara yang kasar dan cenderung ngekek panjang. Selain itu, juga diyakini memiliki stamina dan daya tahan yang lebih baik.

  • Postur berdiri yang tegap

    Pilih lovebird yang memiliki bentuk tubuh / postur yang ketika berdiri terlihat lebih tegap. Burung dengan postur tubuh yang demikian diyakini memiliki kemampuan untuk berdiri nagen sambil mengeluarkan suara ngekeknya yang panjang.

  • Sayap mengapit rapat

    Bentuk tubuh yang langsing dan sayap mengapit rapat dengan posisi menyilang menjadi ciri bahwa lovebird paud tersebut berada dalam kondisi yang fit dan cenderung aktif.

  • Bentuk dada yang bidang dan tegap

    Dada yang bidang dan tegap bisa menjadi ciri bahwa burung tersebut kelak bisa bersuara ngekek panjang.

  • Kaki-kaki yang kokoh

    Kaki-kaki yang kokoh bisa menjadikan burung lebih anteng di tangkringan sehingga bisa mencegahnya ngeruji atau naik turun tangkringan yang bisa mengurangi penilaiannya selama berlomba.

Jika lovebird anakan / paud dengan ciri-ciri di atas sudah Anda dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan yang tepat. Perawatan untuk menjadikan lovebird paud ngekek panjang bisa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan pakan hariannya yang terdiri dari pakan bijian dan EF.

Pakan yang sangat direkomendasikan untuk menjadikan lovebird paud memiliki suara ngekek yang lebih panjang adalah milet Volume+. Milet kemasan ini memiliki kandungan gizi yang lebih baik karena sudah melewati masa pengolahan dengan beragam bahan yang bermanfaat.

berikan pakan tambahannya yang berupa potongan jagung manis setiap harinya.

Selain memenuhi kebutuhan pakannya, untuk membantu perkembangan dan menjaga kondisi burung agar selalu sehat, aktif, dan rajin bunyi maka pemberian suplemen tambahan bisa dilakukan.

Suplemen tersebut bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan burung akan multivitamin, yang selama ini tidak didapatkan dari pakan utama dan tambahannya. Dengan terlengkapinya kebutuhan mulvitamin tersebut, maka lovebird akan menjadi semakin aktif, dan bertambah gacor.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *