Mengenal 10 Penyebab Lovebird Cabut Bulu Sendiri

  • Whatsapp

Cabut bulu adalah perilaku yang muncul ketika burung berada dalam kondisi yang sedang tidak fit, khususnya yang berkaitan dengan kondisi fisik dan mentalnya. Masalah ini bisa terjadi pada semua jenis burung, namun paling sering dijumpai pada burung jenis paruh bengkok (parrot), termasuk lovebird. Berikut 10 (sepuluh) penyebab lovebird sering mencabuti bulunya sendiri.

Burung peliharaan yang suka mencabuti bulunya sendiri umumnya disebabkan oleh kondisi fisik dan mental yang terganggu. Pada lovebird, masalah ini pun bisa juga dipicu oleh faktor lain, misalnya kebosanan. Ada 10 (sepuluh) penyebab burung lovebird kerap berperilaku mencabuti bulu-bulunya sendiri, apa sajakah itu?

1. Gangguan parasit 

Gangguan parasit seperti tungau, kutu, dan jamur dapat menyebabkan iritasi pada kulit burung. Iritasi ini akan memicu rasa gatal berlebihan di sekitar bulu-bulunya, sehingga lovebird akan melakukan apa saja yang bisa membuatnya nyaman, termasuk menggigit, menarik, dan mencabuti bulu-bulunya sendiri.

2. Polusi udara 

Burung lovebird mempunyai lapisan kulit yang sangat sensitif. Iritasi yang terjadi pada kulit, tidak hanya bisa disebabkan oleh gangguan parasit saja, namun bisa juga terjadi akibat paparan asap atau polusi udara seperti asap pembakaran sampah, knalpot kendaraan bermotor, masakan, dan asap rokok.

Selain itu, aroma wangi yang menyengat seperti aroma parfum pun bisa menyebabkan burung alami iritasi kulit. Iritasi tersebut akan memicu rasa gatal berlebih, sehingga burung akan mencabuti bulu-bulunya untuk meredakan rasa gatal tersebut.

3. Alergi 

Lovebird rentan alami alergi jika selalu berada di tempat lembab, atau ditempatkan dalam sangkar yang terlalu lembab. Suhu lembab dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri pada pakan yang ada di dalam sangkar maupun kandang ternaknya. Jika pakan berjamur itu dikonsumsi burung, maka akan muncul reaksi alergi yang menyebabkan burung mencabuti bulu-bulunya.

4. Keracunan logam berat 

Burung lovebird memiliki kebiasaan menggigit dan mengunyah jeruji maupun aksesoris sangkar yang terbuat dari logam, besi, kawat, seng, atau tembaga sehingga rentan alami keracunan logam. Keracunan logam berat akan memicu kondisi alergi yang menyebabkan burung sering mencabuti bulu.

5. Gangguan hormonal

Gangguan hormonal seperti hipertiroid dan addison juga bisa menjadi penyebab iritasi penyebab rasa gatal pada kulit dan bulu. Kondisi inilah yang kemudian memicu perilaku cabut bulu pada burung lovebird.

6. Kebosanan

Lovebird termasuk jenis burung yang bersifat sosial. Di alam liar, mereka hidup dengan cara berpasangan dan berkoloni. Burung yang sudah lama dipelihara sendirian tanpa teman maupun pasangan akan rentan alami kebosanan. Stres yang muncul itulah kemudian memicu perilaku menyakiti diri sendiri, salah satunya adalah cabut bulu.

Solusi terbaik mengatasi lovebird cabut bulu yang disebabkan oleh stres tersebut adalah menyediakan teman atau pasangan untuknya. Alternatifnya adalah memberikan mainan di dalam sangkarnya untuk mencegah stres.

7. Kandang yang kepenuhan 

Banyak peternak lebih senang menangkarkan lovebird miliknya dengan sistim koloni. Namun perlu diperhatikan, meskipun lovebird adalah burung sosial yang hidup berkoloni, tapi jika kandang yang ditempatinya terlalu penuh dan ramai oleh burung sejenis, maka dapat menjadikan lovebird rentan alami stres yang menyebabkan perilaku cabut bulu.

8. Adanya infeksi / penyakit 

Adanya infeksi atau penyakit dalam tubuh lovebird juga bisa menjadi pemicu burung kerap mencabuti bulu-bulunya sendiri. Penyakit yang umum menyerang usus burung seperti infeksi giardiasis, dapat memunculkan reaksi gatal yang menyebabkan burung mencabuti bulu-bulunya.

9. Burung yang ngedrop 

Mental burung yang ngedrop akan menyebabkan stres pada lovebird. Kondisi ini juga dapat memicu munculnya perilaku cabut bulu. Stres karena ngedrop mental tidak hanya dialami oleh lovebird yang sudah dewasa saja, tapi juga bisa terjadi pada lovebird yang masih muda termasuk yang masih berumur balibu atau paud.

10. Lovebird akan bertelur 

Selain disebabkan oleh alergi, stres, dan penyakit, perilaku cabut bulu juga bisa muncul ketika burung lovebird akan bertelur. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kurangnya bahan untuk menyusun sarang, sehingga burung akan menggunakan bulu-bulunya sendiri sebagai bahan untuk bersarang. Penyebab lain adalah karena indukan lovebird yang mengalami defisiensi kalsium (Ca).

Oleh karena itu, sebelum mulai menangkarkan sepasang burung lovebird, sebaiknya siapkan beberapa kebutuhannya, termasuk vitamin.

Itulah ke-sepuluh penyebab lovebird sering mencabuti bulunya sendiri. Untuk cara mengatasinya, silakan simak dalam tulisan berikut ini:

Lima cara mengatasi lovebird cabut bulu

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *