Mengembalikan Sifat Fighter Lovebird Setelah Mabung/Nyulam

  • Whatsapp

Burung yang sedang mengalami masa mabung dan nyulam harus dirawat dengan penuh perhatian. Mabung adalah proses alami yang terjadi pada semua jenis burung, termasuk lovebird. Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka penampilannya akan cenderung menurun.

Paska mabung atau nyulam, tak jarang sering terjadi perubahan pada performa burung lovebird, mulai dari durasi ngekek yang berubah jadi pendek, birahi yang berlebihan, hingga lovebird yang kehilangan sifat fighternya.

Lovebird yang kehilangan sifat fighternya tentu tidak bisa tampil sempurna saat dilombakan. burung akan cenderung berperilaku nakal seperti ngeruji, diam di dasar sangkar, dan jarang mau mengeluarkan suara ngekeknya.

Untuk memulihkan kondisinya agar lovebird bisa kembali berlaga di gantangan, bisa diberikan terapi koloni. Misalnya jika burung gaco anda itu berjenis kelamin betina, maka kolonikan dengan burung jantan, begitu pula sebaliknya.

Berikut beberapa tips memulihkan kondisi lovebird paska mabung / nyulam yang hilang sifat fighternya:

  • Pilih burung yang cocok dengan lovebird yang akan mendapatkan terapi pemulihan.

    Satukan keduanya dalam sangkar kotak tanpa diberikan tempat sarang atau glodok.

    Berikan pola rawatan secara rutin dan teratur setiap harinya, seperti memandikan keduanya setiap pagi, menjemur, dan menjaga kebersihan sangkarnya.

  • Selama terapi pemulihan, lovebird bisa diberikan pakan berupa campuran milet putih dengan pakan biji-bijian
  • Pola perawatan tersebut dilakukan secara teratur setiap hari, dan sampai lovebird gacoan sudah terpantau berani ngekek karena sifat fghternya sudah pulih.
  • Setelah lovebird kembali memiliki sifat fighternya, maka pola perawatan berikutnya adalah dengan memindahkannya dari kandang koloni ke sangkar bulat harian.
  • Untuk membantu meningkatkan daya tahan fisik dan staminanya, lovebird tersebut bisa diberikan terapi umbaran dengan lebih rutin.
  • Tambahkan pula multivitamin

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *