Mengatasi Lovebird Bunyi Sambil Buka Sayap

  • Whatsapp

Lovebird yang sering bersuara ngekek sambil membuka sayapnya dikenal dengan istilah ngepak atau ngablak. Jika kondisi ini terjadi pada burung yang sedang dilombakan, tentu akan menurunkan penampilannya di lapangan. Untuk itu, simak tips mengatasi lovebird bunyi sambil buka sayap berikut ini.

Ngekek sambil buka sayap bisa terjadi pada semua jenis lovebird peliharaan, baik yang masih muda maupun dewasa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari birahi yang berlebihan hingga dipicu oleh gangguan fisik dan mentalnya.

Walaupun dianggap sebagai sesuatu hal yang wajar, tapi jika terjadi pada burung yang sedang dilombakan tentu akan menyebabkan penurunan performa. Lovebird tersebut tidak akan bisa tampil dengan baik dari awal hingga akhir.

Ada empat macam cara yang umum dilakukan untuk mengatasi lovebird yang sering bunyi sambil membuka sayapnya, yaitu:

1. Menggunakan sistem koloni 

Pada lovebird yang bermain single fighter, salah satu pemicu burung ngekek sambil mengepakkan kedua sayapnya adalah kalah mental atau down. Untuk memulihkan kondisinya, anda bisa menggunakan sistem koloni selama satu minggu penuh sampai sifat fighternya muncul kembali.

2. Memberikan terapi mandi 

Memandikan burung hingga basah kuyup bisa menjadi bentuk terapi yang cukup efektif mengatasi masalah lovebird yang ngekek sembari membuka sayapnya. Di kalangan lovebird mania sendiri ada beberapa macam terapi mandi yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

  • Mandi renang

    Mandi renang adalah terapi dengan meletakkan burung di dalam wadah / ember yang sudah dipenuhi air. Walaupun sempat menjadi kontroversi karena metode ini dianggap menyiksa burung, namun tak sedikit juga yang mengakui kalau terapi ini cukup efektif mengatasi burung yang sering bunyi sambil membuka sayapnya. Terapi ini bisa dilakukan setelah lovebird dilatih dalam kandang umbaran.

  • Mandi pagi dan sore

    Jika selama ini burung hanya dimandikan pada waktu pagi setiap harinya, maka untuk terapi pemulihan lovebird yang ngekek sambil buka sayap pemberian mandi dilakukan dengan lebih rutin.

    Mandi bisa dilakukan setiap pagi dan juga pada sore harinya. Setiap beberapa hari sekali, burung bisa juga diberikan terapi mandi malam. Jangan lupa, pengembunan harus dilakukan dengan teratur untuk membantu mempercepat pemulihannya.

  • Menyemprot kedua sayap

    Ketika burung dilatih dalam kandang umbaran, anda bisa melakukan penyemprotan langsung kepada kedua sayapnya hingga basah kuyup. Jika dilakukan secara rutin, maka bisa membantu menghilangkan kebiasaan burung yang berbunyi sambil buka sayap tersebut.

3. Memberi milet putih 

Milet putih umum diberikan sebagai pakan utama harian lovebird. Untuk mengatasi lovebird yang kerap berbunyi sambil mengepakkan sayapnya, maka pola pakan tersebut harus dirubah untuk mendapatkan porsi nutrisi yang tepat.

Demikian empat tips mengatasi lovebird yang bunyi sambil buka sayap. Jika dilakukan dengan pola perawatan yang rutin dan teratur, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama, burung akan bisa kembali tampil dengan sempurna.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *