Manfaat Kecap dan Efek Samping untuk Lovebird

  • Whatsapp

Lagi viral penggunaan kecap sebagai doping lovebird agar makin gacor dan konslet di lapangan. Walaupun dianggap cukup berkhasiat, tapi pemakaian yang berlebihan tentu tidak baik untuk burung. Sebelum diterapkan, simak dahulu manfaat kecap dan efek sampingnya kepada lovebird berikut ini.

Kecap merupakan salah satu bumbu masakan yang sering digunakan sebagai penambah cita rasa makanan. Penggunaan kecap dengan takaran yang tepat memang akan membuat makanan menjadi lebih enak dan sedap.

Tapi siapa sangka, kecap ternyata tak hanya disukai oleh penyuka kuliner saja. Bahkan para lovebird mania pun ramai-ramai menggunakan kecap untuk burung kesayangannya itu. Konon, lovebird yang rutin diberikan kecap akan jadi lebih cepat gacor dan gampang konslet.

Benarkah demikian? Kecap terbuat dari fermentasi kedelai hitam, garam, dan gula. Dalam kecap terdapat kandungan sejulah protein dan karbohidrat yang relatif tinggi, Secara umum, kandungan nutrisi dalam 1 sendok makan (15 ml) kecap adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 8 kkal
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 1 gram
  • Sodium: 902 mg

Bahan utama pembuatan kecap adalah kedelai, dan seperti kita tahu, kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Begitu pula dengan kecap, karena kandungan protein asam aminonya yang tinggi, maka kecap menjadi pilihan pakan tambahan / ef untuk burung lovebird.

Kandungan yang terdapat dalam kecap memang bisa menjadikan lovebird menjadi lebih aktif dan bersemangat sehingga membuatnya rajin ngekek dan cepat konslet.

Namun perlu diketahui juga, bahwa kecap fermentasi ini memiliki kandungan sejumlah besar bahan kimia yang disebut Isoflavon. Ini adalah fitoestrogen dan salah satu bahan kimia utama yang dapat mengganggu sekresi estrogen dan aktivitas hormonal.

Dengan kata lain, ketika kecap diberikan secara berlebihan pada burung lovebird, maka efek samping yang bisa muncul adalah:

Memicu masalah hipotiroidisme

Kecap yang difermentasi memiliki kandungan Goitrogen yang merupakan jenis isoflavon. Bahaya kecap yang mengandung bahan kimia ini adalah hipotiroidisme dengan mengganggu sintesis hormon tiroid.

Mengurangi kesuburan

Penelitian telah membuktikan bahwa pemberian kecap yang terlalu berlebihan bisa menyebabkan gangguan kesuburan, karena kecap berisiko menurunkan jumlah sperma. Selain itu, kecap yang berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan reproduksi.

Tersumbatnya penyerapan mineral 

Kandungan fitat yang terdapat dalam kecap jika dikonsumsi berlebihan dapat mengganggu proses pencernaan dengan menghambat penyerapan mineral dalam tubuh.

Memicu gangguan pencernaan 

Bahaya kecap yang lain ketika dikonsumsi berlebihan oleh burung adalah munculnya masalah pada organ pencernaannya.

Setelah mengetahui efek samping pemberian kecap yang terlalu berlebihan pada burung lovebird seperti dijelaskan di atas, apakah Anda tetap akan menggunakan kecap sebagai doping?

Para penggemar lovebird di Nusantara memang telah memiliki tata-cara perawatan burung mereka dengan menggunakan kecap. Salah satu pola rawatan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kecap diberikan dengan cara diteteskan langsung pada paruh lovebird sebanyak 2-3 tetes setiap 3 hari sekali setelah burung diembunkan.
  • Untuk mendukung perawatannya, maka pengembunan harus rutin dilakukan.

Sebenarnya, masih ada cara lain menggacorkan dan mengkonsletkan lovebird dengan cara yang lebih aman. Memberikan milet yang berkualitas baik dengan disertai pemberian suplemen multivitamin yang dapat mendongkrak birahi lovebird sehingga menjadikannya cepat gacor dan konslet.

Untuk lovebird paud dan dewasa, berikan setiap hari milet putih

Sedangkan untuk lovebird prestasi atau burung lomba, milet diberikan tanpa campuran sejak H-1 atau satu hari sebelum lomba.

berikan multivitamin rutin setiap pagi dengan cara diteteskan sebanyak 2-3 tetes langsung pada paruh lovebird.

 

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *