Mabung Tak Tuntas, Peyebab dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Masa mabung bisa menjadi waktu yang tepat untuk memaksimalkan penampilan burung ocehan. Ketika burung alami mabung yang tak berkesudahan / tidak tuntas-tuntas maka penampilannya pun akan cenderung menurun. Itu sebabnya, saat burung sedang mabung maka harus dirawat dengan cara yang tepat.

Perawatan yang tepat harus dilakukan saat burung sedang mabung. Jika burung mendapatkan gangguan bisa menyebabkan mabung stress yang berdampak pada penampilan dan terhambatnya proses mabung tersebut. Dengan kata lain, mabung akan menjadi sangat lama sehingga seperti tak kunjung tuntas.

Ada beberapa penyebab mabung tidak tuntas pada burung ocehan, mulai dari burung yang dipaksakan untuk terus berkicau / lomba meskipun saat itu sedang memasuki masa mabung, juga karena kondisi burung yang stres berat atau ngedrop pada saat menjalani masa mabungnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa tindakan berikut ini bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan agar proses mabung bisa lebih cepat selesai.

Langkah pertama adalah membuat burung ngedrop agar bisa melanjutkan proses mabung yang terganggu. Langkah ini juga ditujukan untuk mencegah burung mengeluarkan energinya untuk berkicau sehingga lebih fokus pada masa mabungnya.

Mengedropkan burung bisa dilakukan dengan mengurangi pemberian pakan tambahan (EF) seperti jangkrik dan kroto, atau untuk burung lovebird bisa dilakukan dengan mengurangi kangkung dan jagungnya.

Stop mandi dan jemur. Burung dirawat ala kadarnya saja tanpa dimandikan maupun dijemur. Hal ini bertujuan untuk membuat burung kembali memasuki kondisi mabungnya.

Begitu juga dengan pemberian full kerodong dilakukan agar burung lebih fokus beristirahat untuk melancarkan proses mabungnya.

Cara lain adalah dengan menyediakan bahan-bahan tertentu di dasar sangkar untuk membantu burung menuntaskan masa mabungnya. Bahan-bahan tersebut bisa saja berupa potongan kulit jeruk yang ditebarkan di dasar sangkarnya. Setelah itu, burung diberikan full kerodong.

Alternatifnya adalah dengan memberikan terapi sauna yaitu menjemur burung dengan kondisi ful kerodong lalu kain kerodongnya dibasahi dengan semprotan air.

Untuk membantu proses tersebut, dan agar mabung bisa segera tuntas berikan tambahan multivitamin yang dapat berfungsi sebagai pakan tambahan kaya vitamin. Pemberian vitamin mampu menjadikan burung selalu terjaga stamina dan kondisinya selama mabung, sehingga mabung bisa berlangsung dengan lebih lancar dan cepat selesai.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *