Kenali Ciri-ciri Cucak Hijau Over Birahi

  • Whatsapp

Over birahi atau birahi yang terlalu berlebihan kerap dialami oleh burung cucak hijau. Ketika mengalami hal tersebut, maka perilaku dan karakternya pun akan cenderung berubah-ubah. Nah, untuk membantu kicaumania mengenali tanda-tanda burung cucak hijau over birahi, silakan simak berikut ini.

Secara umum, ada beberapa ciri-ciri fisik dan perilaku yang muncul ketika burung cucak hijau mengalami kondisi over birahi. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, maka kicaumania bisa segera memberikan penanganan atau tindakan yang lebih lanjut.

Berikut tanda-tanda cucak hijau alami over birahi;

1. Sering memelet-meletkan lidahnya 

Memelet-meletkan lidah yang kadang disertai juga dengan gelengan kepala adalah tanda umum cucak hijau yang sedang mengalami over birahi. Bahkan perilaku ini tak jarang sering disertai dengan suara kriwikan halus.

Kalau sudah mengeluarkan perilaku tersebut, maka burung akan menjadi jarang berkicau sehingga dibutuhkan penanganan lanjutan untuk mengatasinya.

2. Ngebalon atau mengembangkan bulu-bulunya

Ciri-ciri lainnya adalah burung sering mengembangkan bulu-bulunya atau istilahnya ngebalon. Cucak hijau yang ngebalon tentu tidak akan bisa tampil maksimal jika dipaksakan untuk ikut lomba.

3. Njegrig atau ngentrok setiap saat 

Cucak hijau terkenal dengan gaya njegrig atau ngentroknya yang khas, namun jika hal tersebut sering dilakukan setiap saat bahkan ketika didekati oleh orang yang merawatnya, maka kemungkinan besar burung tersebut sedang alami over birahi.

4. Berubah galak 

Perubahan perilaku lainnya yang muncul adalah burung cucak hijau yang mendadak jadi tambah galak. Hal ini biasanya terlihat ketika burung sedang digoda atau didekati tangan, jika tiba-tiba saja burung berubah perilakunya menjadi galak, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh kondisinya yang sedang over birahi. Tak jarang, perilaku galak ini disertai juga dengan bulu-bulu di kepala yang dinaikkan atau ngentrok.

Cucak hijau yang mendadak galak tersebut tentu tidak akan bisa tampil di gantangan, karena burung cenderung ngeruji atau akan mengejar-ngejar burung lain di lapangan.

5. Mendadak diam 

Selain berubah galak, over birahi juga bisa menyebabkan beberapa burung cucak hijau menjadi pendiam. Jika sebelumnya burung terpantau sangat rajin berbunyi, namun ketika mengalami over birahi yang dipicu oleh asupan pakan atau perawatan, maka ia akan menjadi jarang bunyi atau pendiam.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *