Ini Penyebab Suara Kenari tidak Maksimal

  • Whatsapp

Kenari yang mampu berkicau dengan suara lantang menjadi idaman para kicau mania. Tapi tidak semua kenari punya kemampuan tersebut, sehingga harus dilatih dulu agar bisa bersuara maksimal. Berikut penyebab kenari bersuara pelan dan cara memaksimalkannya.

Kenari rawatan lama yang tidak bisa berkicau dengan suara lantang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Biasanya pula, kenari yang demikian akan langsung diganti dengan kenari lain yang memiliki suara lebih kencang oleh pemiliknya.

Pada dasarnya, kenari yang sering bersuara pelan sebetulnya bisa dilatih untuk memaksimalkan suara kicauannya tersebut.  Ada beragam metode latihan yang bisa dilakukan, tapi sebelumnya silakan simak beberapa penyebab kenari bersuara pelan berikut ini:

  • Usia kenari yang masih muda, sehingga butuh waktu agar suara kicauannya bisa maksimal.
  • Kenari tersebut selalu sering didekatkan dengan kenari betina.
  • Kondisi kenari yang sedang menurun, misalnya karena gangguan kesehatan (sakit) atau sedang memasuki masa mabung.
  • Terjadi infeksi di organ pernafasan yang bisa disebabkan oleh tungau atau karena penyakit gondok.
  • Kenari selalu alami dehidrasi karena penjemuran yang terlalu berlebihan sehingga menyebabkan peradangan di area pernafasannya.
  • Burung yang mengonsumsi pakan yang telah rusak atau berjamur seperti milet jamuran, atau sayuran yang sudah tercemar bakteri.

Untuk memaksimalkan suara kicauan kenari agar menjadi lebih keras dan panjang, maka beberapa pola rawatan berikut ini bisa diterapkan, yaitu:

Untuk burung kenari yang masih muda, pelatihan bisa dilakukan dengan ditempel kenari mapan yang sudah gacor, karena kenari muda memiliki kecenderungan meniru burung dewasa yang sudah rajin bunyi.

Melakukan pengumbaran secara teratur dengan cara melatih kenari di dalam kandang umbaran. Pelatihan tersebut selain untuk melatih stamina juga untuk menguatkan otot dada dan pernafasannya sehingga suara kicauannya akan lebih maksimal dan berdurasi. Pengumbaran dilakukan rutin setiap 1 atau 2 hari sekali, dan dilakukan pada saat burung akan dijemur.

Melakukan pemasteran dengan suara yang tepat juga bisa membantu memaksimalkan suara kicauan burung kenari. Pilihlah suara masteran yang bertipe tembakan seperti suara cucak jenggot, lovebird, atau suara ciblek.

Berikan Vitamin Sup Plus Bird untuk kenari yang bersuara kurang maksimal tersebut, karena bisa membantu menambah stamina burung sehingga suara yang dikeluarkannya pun akan jadi lebih maksimal.

Berikan dedaunan yang bermanfaat seperti daun mengkudu muda, daun krokot atau dedaunan hijau lain yang memiliki manfaat langsung pada kekuatan vokalnya.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kenari yang bersuara kurang maksimal.

Semoga manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *