Harga Mentega Terbaru September 2021 [LENGKAP]

  • Whatsapp

Mentega sebagai salah satu komposisi bahan yang paling sering digunakan untuk membuat kue. Mentega memiliki aroma wangi yang khas sehingga menambah rasa pada kue.

Terbuat dari susu sapi, domba, kambing atau kerbau, mentega memiliki kandungan lemak yang tinggi. Beberapa mentega yang dijual dipasaran memiliki kadar lemak hingga 80%.

Tidak hanya lemak, mentega juga dilengkapi dengan omega 3 dan omega 6, serta 6 vitamin pendukung, sehingga baik untuk pertumbuhan anak usia dini.

Bahan utama mentega tersebutlah yang membuat harga mentega lebih mahal dibanding dengan bahan-bahan yang mengandung lemak nabati seperti margarin.

Mentega memiliki tekstur yang lembut dan mudah untuk menyatu dengan bahan-bahan lain. Ketika dipanaskan mentega juga mudah untuk leleh. Beberapa orang biasanya juga menggunakan mentega untuk memasak sebagai pengganti minyak goreng.

Untuk membuat mentega dapat dilakukan sendiri dirumah, bahan dan alat yang diperlukan pun mudah untuk didapatkan.

Bahan utama untuk membuat mentega yaitu susu berkualitas yang dihasilkan dari hewan ternak terawat. Penyimpanan susu juga harus memperhatikan suhu dan kebersihannya, biasanya susu yang akan diolah disimpan pada suhu rendah agar tidak cepat basi.

Proses pembuatan mentega diawali dengan mengocok susu untuk memisahkan lemak yang terkandung di dalamnya. Dari lemak tersebut akan ditambah larutan alkali sekitar Ph 6,8 – 7,2 untuk menghindari terjadinya gumpalan. Selain itu juga untuk menjaga rasa dari mentega yang akan dihasilkan.

Setelah itu susu dipanaskan untuk membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Pemanasan susu berlangsung sekitar 25-30 menit dengan suhu antara 70-85 drajat celcius.

Untuk membantu proses pembentukan mentega, lemak susu tadi ditambah dengan mikroba. Pembentukan rasa juga ditentukan oleh jenis mikroba yang ditambahkan. Terdapat 3 jenis mikroba yaitu Streptococcus Lactis, Str. Citrovus, dan Str. Paracitrovus.

Krim kemudian direndam hingga 18 jam agar mikroba sudah bekerja dengan baik dan menghasilkan tingkat ke asaman yang sesuai.

Pendinginan kemudian dilakukan untuk mendapatkan tekstur yang lembut. Setelah itu krim diaduk selama 3 jam di suhu 4 drajat celcius.

Tahap terakhir yaitu proses pencucian pada krim yang telah didinginkan, pencucian dilakukan sekitar 4 sampai 5 kali dengan cara mengganti serum menggunakan air. Ditahap terakhir ini juga mentega ditambah dengan larutan garam untuk menghasilkan jenis mentega asin.

Mentega yang beredar di pasaran biasa dikemas dengan berat sekitar 50 gr, 200 gr, 250 gr, 500 gr, dan 1 kg.  Harga mentega disesuaikan dengan besar kecilnya kemasan dan merk dagangnya.

Apabila membeli mentega kemasan juga harus memperhatikan 3 hal berikut ini agar mendapatkan mentega yang masih layak untuk dikonsumsi.

Pertama perhatikan dari segi kemasan, pilihlah dari kemasan yang masih tertutup rapat dan rapi serta tidak ada  bagian yang rusak.

Kedua yaitu aroma dari mentega, karena mentega dibuat dari bahan dasar susu sehingga mudah menimbulkan bau basi jika sudah tidak layak konsumsi.

Terakhir dari segi warna jika mentega dijual dengan kemasan bening, pilih mentega yang berwarna kuning muda, tua ataupun pucat.

Daftar Harga Mentega

Merk Mentega Harga
Mentega Blueband 200gr Rp 6.000
Mentega Blueband 250gr Rp 9.000
Mentega Blueband 500gr Rp 11.000
Mentega Orchid 1 Kg Rp 11.000
Mentega Wijsman 200gr Rp 53.000
Mentega Wijsman 450gr Rp 93.000
Mentega Forvita 200gr Rp 3.500
Mentega Forvita 500gr Rp 7.500
Mentega Putih Malinda 250gr Rp 4.000
Mentega Putih Malinda 500gr Rp 10.000
Mentega Putih Malinda 1 Kg Rp 17.000

Harga mentega bisa saja berbeda di supermarket yang satu dengan yang lainnya, tetapi masih berada pada kisaran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *