Gambar Kucing Lucu dan Imut, dengan Berbagai Jenisnya, Asal Usul dan Ciri-cirinya

  • Whatsapp
gambar kucing

Jenis kucing yang ada di dunia, sangat banyak. Selain kucing kampung, kucing Persia, kucing angora, atau kucing ras masih ada yang lain. Dan untuk lebih jelas, berikut macamnya!

Gambar Kucing dari Berbagai Jenis

  1. Abyssinian

kucing Abyssinian

Dari Abyssnian Ethiopia. Termasuk kucing domestik dengan bulu pendek, cocok dipelihara. Tapi studi mengubah asalnya. Kucing tersebut ternyata dari Mesir, masuk golongan jenis Pharaoch. Bulunya tipis, telinganya besar. Sangat aktif.

  1. Aegean 

kucing aegean

Tergolong kucing liar, tapi bisa berinteraksi dengan manusia khsususnya anak-anak. dari Yunani tepatnya di Laut Aegean. Bulu pendek dan berotot.

  1. American Bobtail

kucing American Bobtail

Dari mutase genetik alami. Ekor pendek, bulu cenderung tipis tapi bervariasi warna. Jinak. Kucing keluarga.

  1. American Curl

kucing American Curl

Dari California. Bulunya bisa pendek dan panjang. Senang dengan anak kecil. Mudah stres bila ditinggal terlalu lama sendirian.

  1. American Ringtail

kucing American Ringtail

Dari mutasi genetik. Ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1998 lalu. Ekornya bengkok layaknya cincin. Mudah dirawat dan jinak.

  1. American Shorthair

Harga Kucing American Shorthair

Dari pendatang Eropa yang menetap di Amerika. Mudah beradaptasi dengan lingkungan. Usianya mampu bertahan antara 18-20 tahun. Senang menangkap tikus.

  1. American Wirehair

kucing American Wirehair

Dari jenis kucing American Shorthair, yang 2 dari 5 yang dilahirkan dikembangbiakkan lagi dan lahirlah kucing jenis ini. Bulunya membal mirip per. Tidak boleh sering dimandikan. 

  1. Arabian Mau

kucing Arabian Mau

Dari Semenanjung Arab. Pendiam mau mengeong bila minta makan saja, tapi sangat aktif. Tidak pemilih soal makanan. 

  1. Asian-Malayan

Asian Malayan cat

Dari United Kingdom. Persilangan jenis Burmese dan Cinchilla. Tubuhnya agak berotot. Kaki langsing. Senang bermain. Aktif. Suka manusia.

  1. Asian Longhair-Tiffany

Asian Longhair-Tiffany cat

Dari persilangan antara kucing longhair dan Burmese. Bulu sangat tebal. Mudah cemburu bila pemiliknya memiliki kucing lain. 

  1. Australian Mist

kucing Australian Mist

Dikembangkan di Australia. Bulunya cenderung pendek. Ketika masih remaja aktif tapi setelah dewasa kalem. Memiliki umur panjang. Sangat jinak sekalipun dengan anjing, bisa berteman akrab.

  1. Balinese

Balinese cat

Dari mutasi natural (persilangan Siameses dengan kucing Longhaired lainnya). Mirip Siamese. Ada corak hitam di wajahnya dan bulunya lebih panjang. Suka mengajak bicara pemiliknya.

  1. Bambino

Bambino cat

Dari persilangan Muchkin dan Sphinx. Kategori kucing tidak memiliki bulu. Pintar, loyal suka membaur dengan manusia. Harus rajin grooming, sebab banyak minyak hasil sekresi di tubuhnya.

  1. Bengal 

Bengal cat

Persilangan kucing Asian Leopard (kucing liar) dan kucing domestik. Bentuk tubuhnya langsing dan berotot. Tergolong besar dengan ukuran berat 4-8 kg. Cenderung agresif bila marah.

  1. Birman

harga kucing birman

Dari Perancis. Mirip Siamese dan Balinese. Memilki sifat penasaran tinggi.

  1. Bombay

Bombay cat

Persilangan kucing shorthair dan kucing Burmese berwarna hitam. Mirip miniature phanter, tapi lucu. Suka kehangatan. Umurnya bisa mencapai 20 tahun.

  1. Bramble 

Bramble cat

Persilangan kucing Bengal dan kucing Peterbald. Menggabungkan sifat jinak kucing domestik dengan insting liar kucing bawaan dari jenis Bengal. Penyayang tapi punya naluri berburu. Tingkahnya lucu. 

  1. Brazilian Shorthair

Brazilian Shorthair cat

Dari Brazil. Nama lainnya Pelo Curto Brasileiro. Kucing pertama dari Brazil yang diakui Intrnasional. Lebih langsing tubuhnya dari jenis shorthair lain. Kepalanya lebih panjang. Liar pada awalnya. Namun saat sudah jinak, menjadi menyenangkan.

  1. British Longhair 

British Longhair cat

Dari Inggris. Persilangan dari British shorthair dan kucing Persia. Rambut panjang dan lebat. Kepala agak besar. Mata besar dan bulat. Setelah dewasa pasif. Senang sama pemiliknya.

  1. British Shorthair

British Shorthair

Ada di Inggris. Mirip saudaranya. Punya kisah sedih. Temannya banyak yang mati pada perang dunia kedua.

  1. Burmese

burmese cat

Dari Thailand-Burma. Ada dua variasi. Pertama tradisional Britih. Tubuh langsing dan panjang. Mata agak oval. Kedua kontemporer Amerika. Cirinya tubuh lebih berisi. Moncongnya pendek dan mata lebih bundar. Tergolong aktif dan suka bermain. Karakternya serupa anjing, sangat penurut. Penyayang anak kecil.

  1. Burmilla

burmilla cat

Dari persilangan tak sengaja antara kucing jenis Burmese dan Persia Chinchilla. Perpaduan dari dua indukannya tadi (gradasi fading). Bisa berbulu pendek dan lebat atau tergantung jenisnya. Kurang aktif tapi suka bermain.  

  1. California Spangled

California Spangled

Persilangan dari beragam gen, seperti Abyssinian, American Shorthair dan British Shorthair. Tergolong liar tapi sekarang sudah memiliki sifat domestik. Suka bermain, cerdas dan suka berpetualang.

  1. Chantilly-Tiffany

Chantilly-Tiffany

Persilangan dari kucing Malaya dan kucing Burmese. Bulunya tebal, mulus serupa sutra. Matanya cokelat dan kuning, tapi saat dewasa berubah menjadi keemasan. Hati-hati bila melakukan grooming sebab kucing ini punya kebiasaan menarik bulu.

  1. Chartreux

Chartreux

Dari Perancis. Cirinya : Bulunya tipis padat warnaya abu-abu. Matanya kuning. Sangat jinak seperti anjing. 

  1. Chausie

Chausie cat

Persilangan dari kucing liar/hutan/savanah dengan kucing domestik. Beratnya bisa 8 kg. Tampak besar padahal bobot tubuhnya ringan. Tidak suka sendirian. Perutnya agak sensitive terhadap pakan.

  1. Cheetoh

Cheetoh

Persilangan antara kucing Bengal dan Ocicat. Kepala sedikit meruncing kecil. Kuping agak keluar. Ekornya pendek. Tampak galak tapi sebenarnya jinak.

  1. Cornish Rex

Cornish Rex

Lahir dari United Kingdom pada tahun 1950-an. Penampilan mencolok, ukurannya besar. Kepala relatif kecil. Meski tubuhnya langsing namun berisi. Karakternya mirip anjing tidak takut manusia dan memiliki jiwa petualang.

  1. Cymric 

Cymric 

Ditengarai masih punya darah keturunan Manx. Badan panjang berotot. Sedikit chubby. Bulunya panjang dan lebat. Sering muncul di sirkus. Tergolong cerdas. Mudah dilatih. Lincah dan penyayang.

  1. Desert Lynx

Desert Lynx

Terbilang jenis kucing langka. Tapi sudah domestik. Sekilas mirip kucing liar Lynx. Warnanya putih abu-abu dan corak garis-garis. Pintar. Selalu waspada. Tapi bisa liar mirip predator.

  1. Devon Rex

Devon Rex

Diperoleh secara tak sengaja dari mutasi genetik. Karakternya mirip Cornis Rex. Bulu bergelombang dan agak melipat. Kumisnya membengkok. Suka bermain dan cerdas. Baik setelah dewasa.

  1. Donskoy

Donskoy

Pertama kali ditemukan di Don River, barat daya Rusia tahun 1987. Kulitnya elastis. Ada kerutan di bawah dagu, pipi dan sekitar tenggorokan. Aktif suka bermain. Tidak boleh terkena sinar matahari.

  1. Dragon Li

Dragon Li

Dari China. Termasuk kucing ras. Warnanya hitam dan abu-abu. Telinganya menonjol dan tajam. Cerdas, aktif mau bersahabat dengan manusia. Pemburu hebat. 

  1. Egyptian Mau

Egyptian Mau

Dari Mesir. Warna kulitnya keperakan, tembaga, atau asap menyebar hingga ekor. Bulunya tidak terlalu panjang. Aktif. Senang mandi. 

  1. European Shorthair

European Shorthair

Penyebarannya dimulai dari Roma. Disebut pula ‘’Roman Cat.’’ Bulunya pendek dan rapi serta halus. Sangat baik dan cukup cerdas.

  1. Exotic Shorthair

Exotic Shorthair cat

Persilangan kucing Persian dan American. Kalem tapi aktif. Suka bermain. Penyayang dan akrab dengan manusia.

  1. FoldEx

FoldEx cat

Singkatan dari Exotic Fold. Campuran dari kucing Schttish Fold dan kucing Exotic Shorthair. Dikembangkan di Quebec Kanada. Fisiknya mirip boneka teddy bear. Badan dan tulangnya kuat. Wajah membulat menggemaskan. Telinganya berlipat. Kakinya pendek. Aktif. Cerdas dan bersahabat.

  1. German Rex

German Rex cat

Dari mutasi gen spontan. Mempunyai kesamaan ciri dengan jenis Cornish Rex. Tergolong cerdas. Manja mirip anjing.

  1. Havana Brown

Havana Brown cat

Dikembangkan dari jenis Siamese dengan genetik Russian Blues. Bulu dan kumisnya hitam kecokelatan. Suka manusia. Tidak suka ditinggal sendiri.

  1. Highlander

Highlander cat

Campuran dari kucing hutan dan Desert Lynx. Penampilannya liar. Mulai dari hidung, moncong dan dagu kesannya kotak. Kepalanya agak cekung. Telinganya terlipat tegak ke belakang. Ada yang berjari lebih. Bobotnya bisa mencapai 10 kg. Suka bermain. Percaya diri dan aktif. Lucu ekspresif.

  1. Himalayan Cat

Himalayan Cat

Persilangan kucing Persia dan Siamese. Sering dipanggil Himmie. Bulunya lebat dan putih warnanya. Ada semburat warna hitam pada tangan kaki dan wajahnya. Matanya biru. Sifatnya kalem, senang bermain dan penyayang. Suka rumah kurang menyukai keramaian. Tak suka berkelahi.

  1. Japanese Bobtail

Japanese Bobtail

Punya bila sejarah tinggi. Konon katanya hadiah kaisar Cina untuk kaisar Jepang. Dibawa ke Amerika pada tahun 1968 lalu. Ekor dan bulu pendek namun sangat halus. Bila dipelihara harus dicarikan teman untuk berinteraksi. Seperti dari kucing sendiri ataupun anjing.

  1. Javanese

Javanese cat

Dari Asia Tenggara. Pengembangbiakan lokal. Cerdas dan aktif. 

  1. Jungle Curl

Jungle Curl cat

Campuran dari berbagai jenis kucing. Di antaranya Egyptian Mau, Bengal dan Serengeti. Termasuk jenis kucing eksperimental. Telinganya sedikit berlipat dan bulunya pendek. Aktif. Bila dipelihara harus diberi ruangan lapang.

  1. Khao Manee

Khao Manee cat

Artinya berlian putih, dari Thailand. Bulunya pendek dan berwarna putih. Mata cerah. Punya sifat penyayang. Aktif tapi susah beradaptasi tempat baru.

  1. Korat

Korat cat

Dari Thailand. Bulunya pendek warnanya perak-kebiruan. Ketika kecil kuning keemasan. Matanya bisa berubah hijau saat dewasa. Senang dekat dengan pemiliknya daripada orang baru. Tapi mudah beradaptasi.

  1. Kurilian Bobtail

Kurilian Bobtail cat

Dari pulau Kuril Rusia. Bulunya bisa pendek dan panjang. Ekspetasi umur bisa 20 tahun. Sifatnya lincah, pemberani dan jiwanya petualang. Penampilannya sangar.

  1. Kucing Malaysia 

kucing malaysia

Ras kucing Malaysia. Termasuk ras baru. Penampilannya mirip kucing Tonkinese.

  1. Lambkin

Lambkin cat

Nanus Rex adalah referensinya. Tergolong baru. Gabungan dari genetic Selkirk Rex dan Munchkin. Tangan kakinya pendek bisa pula panjang. Suka bermain. Senang berburu.

  1. Laperm 

Laperm cat

Jenis kucing Rex Amerika Serikat tapi tak punya ikatan dengan kucing jenis itu. Bulunya sedang, halus, bergelombang. Jarang bicara namun bandel.

  1. Lykoi 

Lykoi cat

Hasil mutasi genetik secara alamiah. Bulunya tipis, sedikit botak. Pertama kali ada di Virgia. Pasangan kedua di Tennese Amerika Serikat. Bulunya normal dan putih. Sekilas penampilannya mirip Wereholf. Jinak dan bersahabat. Cerdas suka bermain di rumah.

  1. Maine Coon

Maine Coon cat

Belum diketahui jelas darimana asalnya. Tergolong kucing domestic. Jinak. Proses dewasanya cenderung terlambat, sebelum 3 tahun tubuhnya tetap kecil.

  1. Mandalay 

Mandalay cat

Hasil persilangan dari Burmese dan kucing domestik. Bulunya shorthair elegan tapi tidak hitam pekat. Karakternya serupa Burmese. Sangat sosial dan suka bermain.

  1. Manx 

Manx cat

Dari Isle of Man. Sering dibawa ke sirkus semenjak tahun 1800-an. Warna bulu dan coraknya beragam. Dekat dengan pemiliknya namun pemalu dengan orang baru. Rumahan meski awalnya hidup bebas.

  1. Mexican Hairless

Mexican Hairless cat

Sudah punah. Tidak berbulu tapi terkadang tumbuh bulu di ekor. Sifatnya ramah, bersahabat dan cerdas. Dokumen terakhir ada di tahun 1902.

  1. Minskin

Minskin cat

Persilangan dari munchkin dan sphynx. Kakinya pendek dan bulu hanya pada ujung tangan, kaki, ekor, telinga dan wajah. Cerdas dan bersahabat.

  1. Minuet-Napoleon

Minuet-Napoleon cat

Persilangan Munchkin dan Persian. Tergolong jenis kucing baru. Bulunya tebal dan kakinya pendek. Tapi sigap berlari. Secara keseluruhan kucing jenis ini bentuknya bulat dengan moncong menyolok. Sifatnya lembut, kekeluargaan dan penyayang.

  1. Mojave

Mojave cat

Tergolong jenis kucing baru dan eksperimental. Termasuk langka dan eksotis. Penampilannya mirip cheetah. Bersahabat tapi sifat liarnya masih ada. Cerdas dan selalu waspada.

  1. Munchkin

Munchkin cat

Terbilang baru. Hasil persilangan kucing kaki pendek. Rentan mengalami kelainan tulang. Tubuhnya cebol. Tapi lincah dan bersahabat. 

  1. Nebelung 

Nebelung  cat

Dalam Bahasa Jerman berarti ‘kabut’. Warnanya perak kebiruan. Sering disebut kucing Rusian Blue. Baik wajah, leher, tubuh dan bulunya semua panjang. Matanya hijau atau kuning-kehijauan. Warna solid perak kebiruan. Ekspetasi umur sampai 16 tahun. Pembawaannya lembut dan tenang. Agak pemalu dengan orang baru. 

  1. Norwegian Forest

Norwegian Forest cat

Dari Norwegia. Sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Sering dikaitkan dengan legenda. Yakni Freya, salah satu dewa dalam dongeng Norwegia. Tidak diketahui jelas asal usulnya. Sifatnya lembut, penyayang dan cerdas. Tapi terkadang suka menyendiri.

  1. Ocicat

Ocicat cat

Persilangan dari Abyssinian, Siamese dan Oriental. Bentuk matanya mirip almond. Tubuh kuat. Sangar. Punya sifat mirip anjing. Cuek. Perlu perhatian ekstra bila dipelihara.

  1. Oregon Rex

Oregon Rex cat

Variasi kucing Rex dari genetik mutasi spontan. Bulunya bergelombang, pendek serta rapat. Tubuh lebih panjang dari lebar badannya dengan postur kecil. Sifatnya semua kombinasi jenis kucing Rex. Penyayang, senang bermain dan arogan.

  1. Oriental Longhair

Oriental Longhair cat

Salah satu varietas dari kucing domestik. Tubuhnya panjang mirip tabung. Bentuk kepala triangular. Moncong sedit tajam. Sangat aktif dan lincah. Loyal terhadap pemiliknya.

  1. Oriental Shorthair

Oriental Shorthair cat

Varian lain dari oriental longhair dan sifatnya yang hampir sama. Bulunya pendek. Bentuk kepalanya triangular mirip kucing Siamese.

  1. Owyhee Bob

Owyhee Bob cat

Jenis kucing ekperimental. Ukuran tubuhnya sedang ke arah besar proposional. Yang betina mencapai 5 kg. jantan 7 kg. temperamentnya mirip anjing. Cerdas dan vocal. Setia terhadap pemiliknya.

  1. Pantherette

Pantherette cat

Terbilang jenis kucing eksperimental. Dikembangkan melalui kucing Bengal hitam dan Maince Coon, Pixie Bobs dan Amurs liar. Masih dalam tahap perkembangan.

  1. Persian 

harga kucing persia

Dari Persia. Bulunya panjang dan tebal. Kaki pendek kepala lebar. Telinga berjauhan. Agak malas tapi tenang. Penyayang dan bersahabat. Pemalu pada orang yang baru dikenal.

  1. Peterbald

Peterbald cat

Salah satu jenis kucing tanpa bulu. Buah dari ekseperimen kucing Donskoy dan Oriental Shorthair. Genetik rambut rontok. Karakter vocal sedang. Bersahabat loyal pada pemiliknya.

  1. Pixie Bob

Pixie Bob cat

Dari Amerika Serikat. Bukan hasi persilangan. Penampilannya mirip kucing liar. Aktif dan suka bermain. Pemberani dan penasaran.

  1. Poodle cat

Poodle Cat

Kucing eksperimental yang dikembangbiakkan. Bulunya bergelombang dan tebal. Karakternya mirip kucing keluarga.

  1. Rass-Busok-Madura ( Kucing Madura )

Raas-Busok-Madura cat

Dari pulau Rass, Madura Indonesia asli. Beberapa berspekulasi kucing tersebut masih punya keturunan kucing Korat. Ukurannya sedang. Sifatnya keras kepala. Harus sabar memelihara.

  1. Ragdoll

Ragdoll cat

Persilangan Persian dan Birman. Sangat popular sebagai kucing domestik. Karakternya tak banyak nuntut. Toleran. Mudah bergaul dengan anak kecil.

  1. Ragamuffin

Ragamuffin cat

Persilangan kucing Persian, Himalayan dan Longhair lain. Warnanya mencolok, dari ujung tangan, kaki dan wajah. Jenis kucing keluarga.

  1. Russian Blue

Harga Kucing Russian Blue

Kucing domestik yang elegan dan cantik. Warnya perak kebiruan. Pembawaannya tenang, energik dan suka bermain.

Demikian jenis-jenis kucing yang disebutkan di edisi kali ini. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *