Daftar Harga Printer Epson L220 Terbaru Agustus 2021

  • Whatsapp

Salah satunya dapat dilihat dari kehadiran Epson L220. Seri ini merupakan generasi ketiga yang telah banyak mengalami pembaharuan dari seri L sebelumnya.

Harga printer Epson L220 memang agak lebih mahal dibanding yang lain yakni di angka 2 hingga 2,3 jutaan.

 

Spesifikasi Printer Epson L220

Printer Epson L2200

Epson L220 merupakan versi L210 yang telah diupgrade dengan mengusung 3 fungsi utama dalam satu perangkat kerja, yakni print, scan dan photocopy.

Printer ini juga telah dilengkapi dengan fitur terbaru bernama ink tank. Dengan mengusung tabung tinta berkapasitas besar di sisi kiri yang mangadopsi teknologi infus agar bisa memaksimalkan jumlah cetakan.

Hal ini berangkat dari ide kreatif orang Indonesia yang sering mengakali cartridge dengan menambahkan selang infus.

Selain itu ada pula teknologi ink efficient yang ditanamkan dalam perangkat ini. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk lebih irit dalam penggunaan tinta, sehingga lebih hemat dan ekonomis.

L220 mengusung teknologi copy speed dengan maksimal kecepatan copy 5 hingga 10 detik. Dalam hal fungsi scanner, L220 mengadaptasi teknologi terbaru flatbed colour image scanner dengan tipe CIS pada sensor scanner yang digunakan.

Printer dengan sistem on-demand ink jet ini masih mengandakjan Hi-Speed USB 2.0 sebagai konektor utamanya.

Kelebihan dan Kekurangan Printer Epson L220

Anda pasti penasaran mengenai spesifikasi printer Epson 220 ini. Apakah kelebihan dan kekurangannya hingga pertimbangan worth it atau tidak untuk dibeli.

Yang perlu Anda pahami adalah kebutuhan Anda membeli printer ini untuk kegunaan apa. Soal fungsi, printer ini memiliki tiga fungsi sekaligus.

Soal biaya, harga printer Epson L220 masih cukup terjangkau. Lalu, apa tujuan Anda membeli printer?

1. Kelebihan

Dibandingkan dengan versi L terdahulu lainnya, printer Epson L220 memang telah mengalami pembaharuan dalam beberapa sisi yang patut diapresiasi.

Selain soal tinta dan cartridge yang disempurnakan akan lebih efektif, printer ini juga masih memiliki keunggulan lainnya. Apa saja kelebihan Epson L220 ini? Berikut penjelasannya.

  • Printer ini dikenal bagus untuk kebutuhan cetak dokumen, scan dan copy. Mesinnya memiliki kecepatan 15 ppm untuk hitam putih dan 7,0 ipm/ 3,5 ipm (Bk/ Cl) untuk versi cetak warna.
  • Untuk kebutuhan copy dokumen Anda, printer ini mampu bekerja dengan kecepatan 12/6 cpm yang terhitung cukup cepat.
  • Dalam hal scanner, printer multifungsi L220 membekali diri dengan resolusi 600 x 1200 dpi dan dapat diaplikasikan dalam berbagai media kertas yang beragam, mulai dari A4, A5, A6, Legal, Letter, Half Letter hingga Folio.
  • Penggunaan tinta pada printer ini sangatlah hemat berkat adanya teknologi ink efficient yang ditanamkan di dalamnya. Anda bisa menghasilkan cetakan hingga 4000 halaman per satu kali isi ulang botol hitam, dan 6500 halaman per botol tinta warna.
  • L220 juga telah dilengkapi dengan fitur tambahan berupa One Touch Scan and Copy yang memudahkan Anda untuk melakukan scan dan copy secara bersamaan.
  • Hasil cetakan Epson L220 memiliki resolusi tingggi yakni maksimal 5760 x 1440 dpi. Juga dilengkapi dengan Variable Size Droplet Technology (VSDT) yang memngkinkan pengeluaran tinta dalam berbagai ukuran untuk lebih menyempurnakan detail cetakan yang tajam dan halus.
2. Kekurangan

Sepertinya, Epson benar-benar membenahi versi pendahulunya dengan apik sekali. Berbagai fitur dan teknologi tambahan juga telah ditanamkan dalam seri L220 ini. Namun, bukan berarti printer ini tak punya kekurangan.

  • Hal paling krusial yang menjadi kekurangan adalah soal support system untuk software L220. Hingga kini masih banyak pihak yang kesulitan mendapatkan software reset gratis seperti yang biasa didapat di versi L sebelumnya.

Tips Pemakaian dan Perawatan Printer Epson L220

L220 tidaklah begitu rewel dan tak membutuhkan perawatan khusus yang menguras energi dan kantong.

Anda hanya perlu melakukan pemakaian standar dan perawatan mendasar saja agar kinerjanya terus menampilkan performa sempurna.

Berikut ini beberapa tips pemakaian dan perawatan printer yang bisa Anda aplikasikan sendiri.

  • Pakailah printer secara berkala dan teratur. Mengganggurkan printer dalam kurun waktu yang lama, lebih dari dua hari, biasanya akan berpengaruh besar dan menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya adalah tersumbatnya aliran tinta yang ada pada cartridge. Untuk mencegahnya, selalu hidupkan printer setiap hari.
  • Waspadai tinta yang ada di tabung tinta, terlebih jika Anda rutin melakukan head cleaning yang membuat tinta cepat habis. Jangan lupa untuk mengisis tinta sebelum benar-benar kehabisan agar tak menurunkan performa.
  • Matikan printer dengan benar setelah penggunaan dengan menekan tombol power off. Ini akan membuat printer melakukan pembersihan pada head printer secara otomatis.
  • Jagalah kebersihan roller yang terdapat pada tempat masuk kertas. Hal ini sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal, menjaga kebersihan roller dapat mencegah Anda mengalami paper jam. Selain itu, Anda juga bisa mencegah roller cepat aus.
  • Poin utama dalam perawatan adalah menjaga kebersihan printer. Hal ini sangat perlu diperhatikan mengingat komponen printer sangat sensitive terhadap debu dan kotoran yang menempel. Jangan lupa untuk menutup printer ketika sedang tidak digunakan. Anda pun bisa melapisinya dengan plastik agar kotoran tak masuk ke dalam komponen utama.

Mengingat harga printer Epson L220 yang lebih mahal dibanding seri pendahulunya, pantas jika beberapa kekurangan telah dibenahi.

Printer jenis ini cocok untuk kebutuhan mencetak bagi rumahan atau kantor kecil-kecilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *