Daftar Harga Bebek Petelur Terbaru

  • Whatsapp
harga bebek petelur

Bebek petelur adalah bebek yang khusus dipelihara untuk diambil telurnya dalam jumlah banyak. Selagi masih produktif menghasilkan, dia tidak akan diganti dengan yang baru. Adapun yang sudah kurang bisa bertelur lagi, biasanya dijual dalam bentuk masih hidup sebagai bebek pedaging. 

Berbisnis bebek petelur atau pedaging prospeknya cerah. Jadi, bila kamu tertarik ingin membudi-dayakan, sebelum membeli ada baiknya kamu mengetahu jenis-jenis bebek petelur. Seperti berikut ini!

  1. Bebek Bali

Banyak ditemukan di pulau Bali dan Nusa Tenggara Barat. Bentuk tubuhnya mirip penguin. Telurnya bisa mencapai 220 butir pertahun dengan berat telur yang paling kecil sekitar 59 gram/butir. Mulai berproduksi pada usia 23-24 minggu. Tak suka mengerami telurnya. Warna bulu juga berpengaruh. Bila berwarna jerami bisa bertelur 153 butir. Sementara jika warnanya gelap hanya 145 butir saja pertahunnya. Yang bulunya sikep atau putih, 100 butir.

  1. Bebek Mojosari

Ada dan mulai diternakkan di Mojokerto daerah Modopuro, Mojosari, Mojokerto Jawa Timur. Pertahun bisa bertelur sebanyak 230-265 butir. Mulai bertelur setelah usia 6-7 bulan.

  1. Bebek Tegal

Berasal dari Tegal Jawa Tengah. Bentuk badannya tegak mirip botol. Bisa bertelur sebanyak 250 butir pertahun untuk yang jenis Branjangan. Jarakan 200 butir. Sedang yang putih hanya 150 butir saja. Mulai memproduksi setelah berusia 22-24 minggu. Sifatnya tak suka mengerami telurnya. 

  1. Bebek Alabio

Dari nama daerah di kabupaten hulu sungai bagian utara Kalimantan Selatan. Telurnya mencapai 200-250 butir pertahun. Rata-rata beratnya 62 gram/butir. Pertama kali bertelur di usia 24 minggu. Sering pula dijadikan bebek pedaging.

  1. Bebek Raja

Bebek ini berasal dari persilangan antara bebek Mojosari dan bebek Alabio dinamakan bebek MA. Telurnya bisa mencapai 250 butir/tahun. Dengan berat rata-rata sekitar 69,7 gram.

  1. Bebek Rambon

Dari Cirebon atau Karawang Jawa Barat. Hasil persilangan bebek Cirebon dan Alabio. Pertahun bisa bertelur sebanyak 260 butir. Bebek ini banyak ditemukan di sepanjang pantura, mulai Kawasan Indramayu, Brebes, Tegal sampai Semarang.

  1. Bebek Turi atau Mataram

Dari desa Turi, kabupaten Bantul Yogyakarta. Sesuai namanya, ia mulai populer sejak zaman kerajaan Mataram. Bisa bertelur sebanyak 200 butir/pertahun. Usia 1,5 tahun adalah usia paling produkfif bebek jenis ini. 

  1. Bebek Magelang

Berasal dari Magelang Jawa Tengah. Pertahun bisa bertelur sebanyak 200-230 butir. 

  1. Bebek Khaki Campbell

Dari persilangan bebek Jawa dengan bebek Roven Perancis. Telurnya bisa 300-355 butir pertahun. Tapi ukuran telurnya agak kecil.

Itu tadi sebagian jenis bebek petelur. Dan berikut tarif harga untuk masing-masing bebek yang telah dikumpulkan dari berbagai marketplace. Hanya prakiraan saja, sebab harga sewaktu-waktu bisa berubah.

Daftar Harga Bebek Petelur Terbaru

Umur bebek Petelur Harga bebek Petelur
Umur 3 Bulan Rp = 35.000
Umur 3.5 Bulan Rp = 41.000
Umur 4 Bulan Rp = 47.000
Umur 4.5 Bulan Rp = 52.000
Umur 5 Bulan dan mulai bertelur 5 Rp = 57.000

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *