Ciri-ciri Perbedaan Burung Jalak Kerbau Jantan dan Betina

  • Whatsapp

Meski sama-sama pandai berkicau, namun burung jalak kerbau jantan masih menjadi jenis yang banyak dicari oleh penggemarnya. Hal ini tidak lepas dari kemampuan jalak kerbau jantan dalam bersuara kicauan dengan penuh variasi dan lantang. Berikut cara membedakan jalak kerbau jantan dan betina.

Di Indonesia, jalak kerbau bisa dibedakan dalam dua jenis yaitu burung yang memiliki iris mata putih dan iris mata kuning. Konon menurut para oldies, jalak kerbau yang memilik iris mata putih jarang sekali berkicau tapi ia mampu menirukan suara manusia dengan baik. Sedangkan burung dengan iris mata kuning dianggap pandai berkicau dan menirukan suara burung lainnya.

Namun tentu saja, semua hal tersebut harus dibarengi dengan perawatan harian yang rutin dan teratur. Tanpa itu semua, karakter burung yang diinginkan tidak akan tercipta.

Cara membedakan burung jalak kerbau jantan dan betina 

Ada beberapa macam cara membedakan burung jalak kerbau jantan dengan betina. Berikut ini adalah beberapa tengara awal dalam pemilihan burung jalak kerbau berdasarkan pengalaman kicauan mania di Nusantara, yaitu:

  • Bentuk kepala jalak kerbau jantan lebih besar, dan bulu-bulu di atas kepalanya mirip seperti rambut yang tersisir rapi.
  • Ada jambul di sekitar lubang hidung atau pangkal paruh bagian atasnya.
  • Warna hitam di tubuhnya lebih pekat, dan tanda putih / slip putih di sayap lebih cerah dan bersih.
  • Jari-jari kaki jalak kerbau jantan berukuran lebih panjang dari burung betina.
  • Saat berbunyi, jalak kerbau jantan akan berkicau sambil mengembangkan bulu kepala disertai anggukkan kepala.
  • Suara kicauannya akan terdengar sangat bervariasi dan kencang.

Itulah beberapa cara membedakan jalak kerbau jantan dan betina.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *