Ciri-ciri Perbedaan Burung Branjangan Jantan dan Betina

  • Whatsapp

Membedakan jantan dan betina burung branjangan sangatlah sulit, apalagi penampilan keduanya sama-sama mirip. Tidak bagi yang sudah faham dan pengalaman, membedakan jenis kelamin branjangan cukup dilakukan dengan pengamatan fisik serta mendengarkan suaranya saja. Berikut cara membedakan burung branjangan jantan dan betina.

Branjangan mempunyai suara kicauan yang kencang dengan lagu-lagu yang ngerol penuh variasi. Selain itu, daya tariknya yang lain adalah gaya berkicaunya yang sangat unik yaitu hovering atau melayang. Itu sebabnya, sangkar burung branjangan didesain secara khusus untuk memudahkan gayanya tersebut.

Meskipun burung branjangan jantan dan betina sama-sama bisa berkicau, tapi untuk lagu-lagu yang bervariasi dan ngerol lebih banyak dijumpai pada burung yang berjenis kelamin jantan. Hal ini pula yang menjadikan banyak kicaumania lebih tertarik memelihara burung branjangan jantan.

Namun membedakan jantan dan betina burung branjangan bukanlah perkara mudah, apalagi keduanya memiliki penampilan yang sama persis. Tapi berdasarkan bocoran dari para mereka yang sudah berpengalaman menangani burung branjangan, membedakan jenis kelamin burung branjangan bisa dilakukan dengan mengamati beberapa hal berikut ini:

Burung branjangan yang masih anakan

Membedakan jenis kelamin branjangan anakan bisa dilihat dari bentuk kepalanya. Anakan burung yang berjenis kelamin jantan biasanya mempunyai bentuk kepala yang berukuran lebih besar dari betina Selain itu, warna bulu di tubuhnya lebih tajam dan tegas.

Mengamati bentuk mata dan paruh

Pada umumnya, branjangan jantan mempunyai sorot mata yang cukup tajam dan jika diperhatikan ada bulu halus berwarna hitam pada bagian matanya yang terletak dekat paruh bagian atasnya. Selain itu, jika diamati lebih lanjut akan tampak bulu keputihan yang mekar di bagian paruh dan bawah kupingnya.

Mengamati bentuk dan ukuran tubuh

Burung branjangan jantan biasanya mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dari burung betina. Namun tentu saja, kondisi ini dipengaruhi oleh daerah asalnya, misalnya branjangan betina yang berasal dari Jawa akan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dari burung yang berasal dari NTB atau daerah lainnya.

Mengamati warna bulu

Pada burung jantan, warna bulu di bagian dadanya terlihat lebih halus dan tegas. Bentuk dan warna bulu tersebut mulai terlihat sejak burung branjangan masih berumur trotolan

Mendengarkan suara

Burung branjangan muda jantan lebih sering mengeluarkan suara ngeriwiknya daripada burung betina. Setelah dewasa, branjangan jantan akan mempunyai kemampuan untuk bersuara dengan lebih keras dan bervariasi, sedangkan burung betina cenderung bersuara pelan dan monoton.

Mengamati bentuk ekor

Branjangan jantan mempunyai bentuk ekor yang selalu terlihat mengembang, sedangkan burung betina ekornya cenderung tipis dan menutup.

Itulah cara membedakan burung branjangan jantan dan betina.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *