Ciri-ciri Lovebird Kurang Vitamin

  • Whatsapp

Banyak yang beranggapan bahwa asupan pakan yang dikonsumsi lovebird setiap hari sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anggapan ini tentu kurang tepat, karena bagaimanapun tanpa asupan nustrisi yang cukup, burung tidak akan bisa tampil maksimal.

Pada dasarnya, burung membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah yang sedikit. Namun celakanya, walaupun sedikit tapi pemberian pakan hariannya yang terdiri dari pakan utama dan tambahan (EF) ternyata tidak selalu bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya.

Bahkan hasil penelitian yang telah dilakukan sejumlah pakar perburungan dunia pun mendapati fakta yang mengejutkan, yaitu sebagian besar burung peliharaan yang hanya mengkonsumsi pakan harian tanpa mendapatkan suplemen mulvitamin dan mineral tambahan akan mengalami kekurangan vitamin A, C, D, E dan mineral kalsium.

Fakta tersebut tentu mengejutkan, karena sebagian besar kicaumania di dalam negeri masih menganggap bahwa kebutuhan nutrisi burung bisa dipenuhi melalui pakan hariannya. Padahal sekecil apapun kekurangan vitamin dan mineral, pasti akan memiliki dampak yang buruk terhadap kondisinya.

Jika kicaumania tetap mengabaikan pemberian multivitamin dan mineral tambahan pada lovebird kesayangannya dalam waktu lama, maka dampaknya akan sangat merugikan. Berikut ciri-ciri lovebird kekurangan vitamin dan mineral:

  • Lovebird rentan alami kelumpuhan mendadak yang biasanya berakhir dengan kematian karena kondisinya yang tidak bisa beraktivitas makan dan minum seperti biasa.
  • Indukan lovebird akan menghasilkan telur yang infertil karena kekurangan vitamin E.

    Lovebird akan mudah lemas

  • Burung yang mudah lemas atau tidak mempunyai stamina yang cukup karena kekurangan vitamin C. Nah, tanpa stamina yang cukup, lovebird tentu tidak akan bisa ngekek maksimal. Dalam banyak kasus, lovebird bahkan cenderung malas / jarang ngekek sehingga tidak bisa dilombakan.

Melihat ciri-ciri lovebird kekurangan vitamin dan mineral di atas, maka kicaumania dianjurkan untuk memastikan kecukupan viamin dan mineralnya setiap hari. Selain memberikan pakan biji-bijian yang baik kualitasnya lengkap dengan pakan tambahannya, lovebird mania juga harus melengkapinya dengan suplemen mulvitamin dan multimineral yang dibuat khusus untuk burung lovebird.

Suplemen Sup Plus Bird bisa juga diberikan untuk burung peliharaan jenis lainnya seperti kenari, murai batu, cucak hijau, pleci, dan lain sebagainya.

Untuk hasil yang maksimal, Multivitamin diberikan setiap pagi dengan cara diteteskan sebanyak 5 tetes ke dalam cepuk air minumnya, atau dioleskan kepada pakan tambahannya. Untuk lovebird lomba, Sup Plus Bird diberikan pada sore atau malam hari pada H-1 lomba.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *