Cara Merawat Jalak Nias Agar Cepat Gacor

  • Whatsapp

Jalak nias merupakan satu dari beberapa spesies burung jalak (Sturnidae) yang punya banyak penggemarnya. Selain cerdas dan pandai menirukan beragam suara ocehan, jalak nias juga dikenal bisa menirukan suara manusia seperti burung beo. Berikut tips dan cara merawat jalak nias agar cepat gacor.

Nama jalak nias lebih populer di kalangan kicauan mania, karena sebenarnya burung ini memiliki nama resmi kerak ungu atau common myna (Acridoteres tristis). Berbeda dengan jenis jalak kerbau, jenis ini memiliki area kulit kekuningan di sekitar matanya.

Perawatan burung jalak nias agar cepat gacor dapat dilakukan dengan menerapkan pola rawatan secara tepat, yang meliputi pemberian pakan serta perawatan pendukung lainnya, seperti:

Kebutuhan pakan 

Jalak nias adalah burung pemakan buah dan serangga. Untuk menjadikannya cepat gacor, maka dibutuhkan pengaturan dalam pemberian pakannya. Ada tiga jenis makanan yang diberikan dalam perawatan jalak nias agar cepat gacor, yaitu:

  • Voer kasar atau pelet. Biasanya voer yang diberikan agar jalak nias cepat gacor adalah campuran voer ayam dengan voer kemasan. Voer ayam diketahui memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sedangkan voer kemasan yang baik umumnya memiliki kandungan gizi yang lengkap serta lebih terjamin kualitas dan kebersihannya.
  • Pakan ekstra (EF) yang terdiri dari jangkrik dan ulat hongkong. Kedua jenis ef ini diberikan sebagai pakan pendukung voer  yang diberikan setiap pagi dan sore harinya. Untuk pemberian pakan tersebut harus konsisten setiap hari, dengan takaran yang disesuaikan kebutuhan.
  • Pakan buah-buahan yang terdiri dari pisang kepok putih, pepaya, dan semangka karena bisa berfungsi sebagai sumber energi dan

Jagalah kebersihan 

Menjaga kebersihan sangkar setiap hari dapat menjadikan jalak nias tetap aktif, sehat, lincah, dan rajin bunyi. Sangkar yang rutin dibersihkan akan terhindar dari tumpukan kotoran yang bisa mengundang jamur, bakteri, dan parasit pengganggu sehingga burung akan jadi lebih segar dan cepat terpancing untuk gacor.

Selain itu, lakukan pembersihan sangkar dengan menggunakan shampo atau cairan desinfektan khusus setiap dua – tiga minggu sekali.

Mandi dan jemur 

Perawatan mandi dan jemur menjadi faktor penting lain yang bisa menjadikan burung jalak nias cepat gacor. Mandikan burung dengan cara disemprot hand sprayer atau mandi karamba. Selesa mandi, burung diangin-anginkan sebentar lalu dijemur di bawah sinar matahari selama 1 s/ 2 jam.

Latih masteran 

Sebagai salah satu spesies yang masih memiliki kekerabatan dengan burung beo, jalak nias dikenal memiliki kemampuan menirukan suara / mimikri yang cukup baik. Oleh karena itu, untuk menjadikan suara kicauannya lebih bervariasi, maka lakukan pemasteran secara rutin dengan suara maupun burung masteran yang diinginkan.

Selain itu, jalak nias juga diketahui bisa menirukan suara manusia, sehingga Anda bisa mengajarinya sepatah-duapatah kata agar bisa ditirunya. Semakin banyak suara isiannya, maka semakin cepat gacor burung tersebut nantinya.

Baca:   Tips mencegah dan mengatasi murai batu kejang-kejang

Adaptasi 

Adaptasi dengan lingkungan menjadi faktor pendukung yang bisa menentukan gacor tidaknya burung jalak nias tersebut. Proses adaptasi pada burung yang baru didapatkan umumnya dilakukan dengan menggantungkan sangkarnya di tempat ramai dan pada posisi yang lebih rendah.

Berikan vitamin 

Hal penting dalam perawatan harian burung jalak nias agar cepat gacor adalah tidak melupakan pemberian multivitamin tambahannya. Meskipun burung mendapatkan makanan yang berbeda setiap harinya, namun hal itu belumlah cukup untuk menjamin kebutuhannya akan vitamin dan mineral.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *