Cara Merawat Burung Tledekan Gunung yang Masih Bakalan

  • Whatsapp

Merawat burung tledekan gunung yang masih bakalan agar cepat rajin bunyi membutuhkan lebih banyak perhatian dari burung yang sudah jadi. Selain memenuhi kebutuhan pakan hariannya, tledekan gunung bakalan juga harus dilatih mentalnya agar mau berbunyi kapan dan di mana saja.

Burung tledekan gunung masih berkerabat dekat dengan murai batu maupun kacer yang memiliki sifat teritorial dan fighter. Suara kicauannya yang nyaring dan penuh variasi menjadikan tledekan gunung banyak dicari kicaumania di berbagai daerah.

Di pasaran, burung tledekan gunung umumnya ditawarkan dalam kondisi yang masih bakalan atau muda hutan (MH). Burung bakalan lebih disukai karena harganya yang lebih terjangkau dari tledekan gunung yang sudah dalam kondisi jadi / gacor.

Meskipun begitu, perawatan burung yang masih bakalan membutuhkan banyak perhatian agar burung rajin berkicau. Selain melatih jinak, ada dua hal yang harus diperhatikan dalam perawatan burung tledekan gunung bakalan cepat bunyi, yaitu memperhatikan kebutuhan makanan dan vitaminnya.

1. Memperhatikan kebutuhan makanan

Makanan untuk tledekan gunung bakalan masih belum bisa dilepaskan dari serangga, terlebih lagi jika burung belum pernah dilatih makan voer. Untuk melatih burung bakalan mau makan voer, sobat kicaumania dapat membuka lagi tulisannya di sini.

Untuk menjaga kondisinya agar selalu sehat dan aktif selama masa perawatannya, burung tledekan gunung harus mendapatkan pakan tambahan bervariasi yang terdiri dari kroto, jangkrik, dan ulat hongkong / ulat kandang. Tata cara pemberiannya dapat disimak berikut ini:

  • Satu sendok teh kroto diberikan setiap pagi atau setelah burung diembunkan.
  • Ulat hongkong sebanyak 2-3 ekor diberikan saat burung diangin-anginkan setelah mandi pagi.
  • 2-3 ekor jangkrik diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Satu sendok ulat kandang diberikan setiap dua-tiga hari sekali.

Selama dirawat, pastikan burung tledekan gunung mendapatkan pakan voer yang bagus kualitasnya.

2. Memberikan multivitamin yang lengkap

Melengkapi kebutuhan gizi dan vitamin burung tledekan gunung bakalan dapat dilakukan dengan pemberian multivitamin yang lengkap yang bisa di beli di kios burung.

Demikian cara merawat burung tledekan gunung yang masih bakalan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *