Cara Merawat Burung Jalak Hongkong untuk Pemula

  • Whatsapp

Jalak thailand atau blue-collared starling (Sturnus nigricollis) lebih dikenal dengan sebutan jalak hongkong di Indonesia. Spesies burung jalak ini pernah sangat populer di era 1990-an, terutama karena kemampuan mengocehnya dan pandai menirukan suara manusia. Berikut tips merawat burung jalak hongkong untuk pemula ..

Beberapa spesies burung jalak memang dikenal dengan kemampuannya dalam menirukan suara (mimikri) seperti halnya jalak suren. Namun tidak seperti jalak suren yang memiliki penyebaran lokal, jalak hongkong merupakan burung impor yang banyak terdapat di Thailang, Myanmar, Vietnam, Laos, Tiongkok, dan Kamboja.

Selama ini, jalak hongkong dianggap memiliki kemampuan menirukan suara yang melebihi spesies jalak lainnya. Suara kicauannya pun terdengar lebih nyaring, dan kemampuannya dalam menirukan suara pun sangat fasih. Itu sebabnya, burung ini cukup disukai oleh penggemarnya.

Meski disukai, keberadaan jalak hongkong di pasaran tidaklah seramai dulu. Karena susah mendapatkannya, tak heran kalau burung ini kemudian memiliki harga pasaran yang relatif lebih tinggi dari burung jalak populer lainnya. Nah, untuk memudahkan perawatannya, berikut tips merawat burung jalak hongkong untuk pemula:

  • Jalak hongkong berukuran lebih besar dari jalak lainnya, sehingga akan membutuhkan sangkar yang lebih luas dan kokoh untuk kenyamanannya.
  • Untuk menjadikannya rajin berkicau, maka pemberian pakan harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan setiap hari, yaitu:
  • Voer kasar, bisa menggunakan voer kemasan yang lebih terjamin kandungan dan kualitasnya.
  • Serangga yang terdiri dari jangkrik, ulat hongkong atau ulat jerman, dan belalang.
  • Beberapa jenis buah-buahan seperti pisang atau pepaya yang sudah diolesi madu.
  • Setiap pagi, burung dikeluarkan dari dalam rumah untuk diembunkan.
  • Berikan pakan 2-3 ekor jangkrik / ulat jerman pada pagi dan sore harinya.
  • Setelah matahari terbit, mandikan dengan cara semprot atau memasukkanya ke dalam karamba mandi.
  • Jemur burung selama kurang lebih 2 jam, setelah itu pindahkan ke tempat teduh.
  • Berikan kembali pakan jangkrik dan ulat jermannya, setelah itu latih burung dengan suara masteran yang diinginkan, jika ingin melatihnya dengan suara manusia, Anda bisa mengucapkan sepatah-dua patah kata yang diucapkan terus menerus agar burung cepat hafal dengan suara tersebut.
  • Selama perawatannya, jalak hongkong sebaiknya mendapatkan asupan multivitamin tambahan , mengingat ukuran tubuhnya yang lebih besar sehingga akan memerlukan banyak energi dan stamina untuk beraktivitas. Sup Plus Bird memiliki kandungan yang bisa mendukung hal tersebut, termasuk mendongkrak stamina dan daya tahan burung sepanjang hari. Selain itu, pemberian Sup Plus Bird secara rutin juga dapat menjadikan burung lebih cerdas dan rajin bunyi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *