Cara Merawat Burung Cucak Jenggot yang Kurang Gacor

  • Whatsapp

Cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor – Cucak jenggot memiliki suara kicauan yang rapat dan tajam sehingga dapat menjadi masteran yang bagus untuk beberapa jenis burung ocehan populer lainnya. Namun tak jarang, meski sudah dirawat cukup lama tapi burung cucak jenggot cenderung malas mengeluarkan suara besetannya tersebut. Untuk itu, simak tips dan cara perawatannya berikut ini.

Cucak jenggot memiliki nama resmi empuloh janggut (Alophoixus bres). Di kalangan kicaumania, spesies burung yang berasal dari family cucak-cucakan ini banyak dipelihara sebagai burung rumahan maupun masteran. Adapun daya tarik dari burung cucak jenggot selain perawatannya yang mudah adalah suara kicauannya yang tajam.

Namun untuk menjadikan cucak jenggot rajin bunyi atau gacor dengan suara besetannya itu, maka dibutukan perawatan dan penanganan yang tepat. Nah, tips berikut ini adalah cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor:

MANFAATKAN MADU 

Madu yang digunakan adalah madu alam, atau bisa juga menggunakan madu sachet yang banyak dijual di warung-warung kelontong.

  • Tambahkan satu sendok madu ke dalam cepuk air minumnya lalu berikan pada burung.
  • Bisa juga satu sendok madu dituangkan ke dalam cepuk terpisah.
  • Oleskan madu pada buah pisang sebelum diberikan pada burung,
  • Berikan jangkrik 3 ekor setiap pagi dan sore hari,  yang satu ekor dicopot bagian kepalanya lalu masukkan potongan jahe seukuran butiran voer biasa ke dalam tubuh jangkrik tersebut.

Demikian cara merawat burung cucak jenggot yang kurang gacor.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *