Cara Mengumbar Lovebird Agar Cepat Ngekek Panjang

  • Whatsapp

Pengumbaran adalah cara yang umum dilakukan lovebird mania untuk menjaga kondisi dan kesehatan burung rawatannya. Selain melatih otot dan pernafasan pengumbaran yang dilakukan dengan rutin bisa membantu memaksimalkan suara ngekek lovebird. Sebagai panduan, berikut cara mengumbar lovebird agar cepat ngekek panjang.

Melatih lovebird dalam kandang umbaran menjadi bagian tak terpisahkan dalam perawatan hariannya. Pengumbaran yang dilakukan dengan cara yang tepatmemang dapat mendongkrak stamina lovebird yang membuatnya semakin rajin berbunyi. Tapi selain itu, pengumbaran juga memiliki beberapa manfaat yang baik bagi burung, yaitu:

  • Menguatkan otot sayap dan dada,
  • Meningkatkan stamina,
  • Menguatkan nafas,
  • Mencegah dan mengatasi stres,
  • Membantu pertumbuhan lovebird muda / paud,
  • Mengurangi perilaku buruk burung seperti terlalu galak / agresif, cabut bulu, dan over birahi.
  • Adapun manfaat lainya adalah menjadikan suara ngekek lovebird makin panjang .

Cara mengumbar lovebird 

Mengumbar lovebird bisa dilakukan dengan menggunakan kandang khusus yang dikenal dengan sebutan kandang umbaran atau flight cage. Kandang umbaran berukuran cukup luas sehingga burung di dalamnya bisa beraktivitas terbang tanpa terhambat oleh tenggeran maupun ukuran sangkarnya.

Melatih lovebird dalam kandang umbaran tentu membutuhkan perlakuan khusus, terutama agar burung bisa lebih aktif bergerak ketika berada di dalamnya. Selain itu, dibutuhkan juga teknik yang tepat agar hasil yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

Simak cara mengumbar lovebird agar cepat ngekek panjang berikut ini:

Menyiapkan kandang umbaran 

Tidak ada batasan ukuran dan luas kandang umbaran yang bagus bagi burung. Selama kandang tersebut bisa menjadikan burung lebih bebas bergerak dan berarktivitas terbang di dalamnya tanpa terhambat, maka sudah bisa digunakan.

Baca:   Tips settingan lovebird paud koloni

Siapkan dua buah tenggeran yang ditempatkan dalam jarak saling berjauhan. Jika burung akan dilatih lebih alam di dalamnya, maka di setiap tenggerannya itu diletakkan masing-masing cepuk yang berisi pakan dan air minumnya.

Macam-macam model kandang umbaran yang digunakan

Ada beberapa variasi kandang umbaran yang selama ini digunakan para lovebird mania di Indonesia. Selain kandang umbaran model portabel yang bisa dipindah-pindah tempat, ada juga kandang umbaran model semi permanen yang disimpan secara khusus.

Salah satu model kandang umbaran dengan sistem goyang naik turun

Untuk melatih agar burung lebih aktif bergerak, banyak kicaumania yang memodifikasi kandang umbaran menjadi model semi otomatis, misalnya menjadikan tenggeran bergoyang ketika diinjak oleh burung sehingga membuatnya terbang bolak balik sendiri. Ada juga kandang umbaran yang akan bergoyang naik turun ketika burung berpindah-pindah tenggeran.

Cara memindahkan lovebird ke kandang umbaran

Cara memindahan lovebird dari sangkar harian ke dalam kandang umbaran dilakukan dengan menempelkan pintu sangkar sejajar dengan pintu kandang umbaran dalam posisi terbuka. Halau burung dari dalam sangkar hariannya agar segera masuk ke dalam kandang umbarannya.

Jika cara di atas membutuhkan waktu yang cukup lama bagi lovebird untuk berpindah sangkar. Cara alternatif yang lebih mudah dan bisa mempersingkat waktu adalah ditangkap tangan lalu dimasukkan ke dalam kandang umbarannya.

Waktu yang tepat mengumbar lovebird 

Pada umumnya, mengumbar lovebird akan lebih bagus dilakukan pada pagi hari, terutama setelah burung dimandikan.  Sinar matahari pada pagi hari dapat mengekstrak vitamin D yang bermanfaat untuk tubuh, kulit, dan bulu lovebird yang sedang diumbar.

Baca:   Terapi satu minggu jadikan lovebird makin gacor

Selain itu, pengumbaran pada pagi hari akan membuat lovebird jadi lebih aktif dan banyak bergerak, sehingga bisa menjadikan pelatihannya semakin optimal.

Perawatan sebelum dan sesudah lovebird diumbar 

Sebelum melatih lovebird dengan kandang umbaran, pastikan sebelumnya burung tersebut sudah mendapatkan asupan pakan yang bermanfaat. Pemberian pakan yang berkualitas dalam menjadikan proses pengumbaran berlangsung dengan lebih efektif.

Pemberian milet kembali dilanjutkan setelah lovebird selesai dilatih dalam kandang umbarannya. Untuk mendukung perawatannya, pemberian pakan tambahan seperti jagung manis bisa diberikan secara rutin setiap harinya.

Demikian cara mengumbar lovebrid agar cepat ngekek panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *