Cara Mengatasi Kicauan Jalak Suren yang Kurang Variasi

  • Whatsapp

Jalak suren memiliki kemampuan menirukan suara, dan hal ini menjadikannya berkicau dengan lagu-lagu yang penuh variasi. Tapi bagaimana jika burung cenderung bersuara monoton saja? Untuk itu simak cara mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasi berikut ini.

Seperti jenis kicauan lainnya, ada tahap-tahap burung bisa berkicau dengan suara yang lantang dan penuh isian mulai dari tahap belajar berkicau, ngeriwik, hingga gacor. Biasanya setelah berumur mapan, jalak suren akan mampu berkicau dengan suara yang bervariasi.

Akan tetapi, tidak semua jalak suren mau berkicau dengan penuh variasi, karena tidak sedikit yang mengeluh burung rawatannya cenderung bersuara monoton saja. Untuk mengatasinya, simak tips perawatannya berikut ini:

  • Mendekatkan jalak suren yang bersuara monoton dengan burung sejenis yang sudah gacor dengan suara yang bervariasi. Dengan demikian, burung akan terpancing untuk ikut mengeluarkan suara kicauannya yang bervariasi.
  • Lakukan pemasteran dengan rutin, terutama dengan beberapa jenis burung masteran. Dengan pemasteran tersebut, jalak suren akan memiliki lebih banyak lagu-lagu isian.
  • Selama masa perawatannya, air minum diganti dengan air larutan sampai burung mau bersuara variasi.
    Penjemuran dilakukan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.
  • Cobalah berikan multivitamin tambahan untuk menjadikan burung makin rajin bunyi dengan suara yang lebih kencang.

Demikian cara mengatasi kicauan jalak suren yang kurang variasi. Dengan melakukan semua hal di atas secara lebih rutin maka jalak suren akan lebih terpancing untuk mengeluarkan suara isiannya dengan lantang dan bervariasi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *