Cara Mengatasi Kenari Tak Mau Bunyi Saat dilombakan

  • Whatsapp

Banyak kenari mania yang mengeluhkan burung rawatannya tak mau bunyi saat dilombakan, tapi justru rajin bunyi saat masih berada di rumah. Kondisi ini umumnya dialami oleh burung yang tidak memiliki mental yang baik sehingga mudah alami “demam panggung” saat digantang. Untuk mengatasinya, simak tips melatih mental kenari agar mau bunyi saat dilombakan.

Ada beragam penyebab burung kenari tidak mau bunyi saat dilombakan, di antara yang paling umum adalah:

  1. Burung kenari tersebur masih berumur sangat muda.
  2. Jarang dilatih mentalnya sehingga burung tidak memiliki pengalaman saat berada di lingkungan yang ramai.
  3. Burung yang kurang stamina dan jarang mendapatkan asupan vitamin tambahan., dsb.

Untuk mengatasi burung kenari yang tak mau bunyi dilomba, bisa dilakukan beberapa metode perawatan sebagai berikut:

  • Kenari harus mulai sering dimaster. Pemasteran bisa menambah variasi suara isiannya sehingga kenari akan memiliki ‘modal’ yang cukup untuk bersaing dengan lawan tandingnya di lapangan. Dengan kata lain, bisa menjadi salah satu bentuk pengembangan karakter agar burung lebih PEDE di arena lomba.
  • Rajin-rajinlah membawa burung untuk dilatih. Melatih mental kenari agar cepat bunyi saat dilombakan bisa dilakukan dengan sering-sering mempertemukan burung dengan kenari lain di luar rumah. Melatih kenari bisa dilakukan bersama teman atau rekan satu komunitas, atau bisa juga dibawa ke lokasi latberan meski tidak untuk dilombakan, tetapi untuk membiasakan dengan suasana keramaian tersebut.
  • Sering-seringlah memindah-mindahkan sangkar di beberapa tempat, karena hal ini bisa melatih burung agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Jika cenderung digantung di satu titik saja, maka burung akan cenderung gacor di rumah / jago kandang sehingga ketika dipindahkan ke lokasi lain (misalnya di lapangan), burung tidak mau bunyi sama sekali.
  • Berikan vitamin tambahan untuk mendongkrak stamina, mental, dan daya tahan burung selama dilombakan sehingga membuatnya jadi rajin berbunyi seperti saat di rumah.

Itulah beberapa cara mengatasi kenari tak mau bunyi saat dilombakan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *