Cara Mengatasi Jalak Suren yang Macet Bunyi

  • Whatsapp

Masalah paling umum yang dikeluhkan banyak penggemar kicauan adalah burung rawatannya yang berhenti berkicau alias macet bunyi. Pada burung jalak suren, kondisi ini tentu akan membuat pemiliknya merasa gundah. Burung yang biasanya cerewet dan rajin bunyi berubah jadi pendiam. Bagaimana mengatasinya? Simak caranya berikut ini.

Jalak suren terkenal karena kicauannya yang penuh variasi. Jika dirawat dengan penuh ketelatenan, spesies burung dari keluarga Sturnidae ini bisa dilatih menjadi “penjaga rumah”. Ya, ketika ada orang yang mendatangi rumah kita, maka ia akan segera berkicau lantang seolah memberitahu pemiliknya ada orang yang datang / lewat.

Tapi sering terjadi, karena terlalu mengabaikan perawatan hariannya atau burung hanya dirawat sesukanya saja dan tanpa didukung oleh pemberian pakan serta perawatan lainnya, jalak suren yang semula rajin bunyi itu berubah jadi pendiam.

Untuk mengatasinya tentu dibutuhkan penanganan yang tepat, terutama yang dapat membantu pemulihan kondisinya tersebut. Beberapa tips rawatan berikut ini, bisa diterapkan untuk pencegahan sekaligus mengatasi burung jalak suren yang terlanjur macet bunyi:

  • Pisahkan burung dari keberadaan burung peliharaan lain maupun sejenis. Hal ini agar proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat karena burung berada dalam kondisi yang tanpa gangguan / nyaman.
  • Berikan pakan jangkrik dan ulat hongkong dalam jumlah lebih banyak dari biasanya. Pakan tambahan tersebut diberikan rutin setiap pagi dan sore hari.
  • Gunakan voer yang bagus. Untuk itu, Anda bisa membeli voer kemasan dengan merek yang sudah sangat anda percaya kandungan dan kualitasnya. Alternatifnya, bisa memberikan voer ayam yang kaya protein untuk memancing agar burung mau kembali berbunyi.
  • Tambahkan multivitamin ke dalam air minum atau dioleskan pada pakan tambahannyauntuk membantu meminimalisir stres pada burung kicauan. Pemberian secara rutin dapat menjadikan burung makin terpancing untuk rajin bunyi dengan suara yang lebih ngotot.
  • Selama terapi pemulihan, mandi cukup dilakukan setiap dua-tiga hari sekali, sedangkan penjemuran dibuat lebih kencang atau lebih lama dari biasanya.

    Berikan kerodong pada sore dan malam hari.

  • Lakukan pengembunan secara rutin karena dapat membantu memulihkan kondisi dan memancingnya untuk rajin bunyi.

Demikian tips mengatasi jalak suren macet bunyi.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *