Cara Mengatasi Burung Tledekan Mental Drop

  • Whatsapp

Tledekan gunung merupakan jenis burung dengan sifatnya yang agresif dan teritorial. Salah perawatan sedikit saja, burung akan mudah stres dan ngedrop. Jika burung tledekan gunung terlanjur ngedrop maka untuk memulihkan kondisinya dibutuhkan penanganan yang benar-benar tepat. Berikut tips dan solusi mengatasi tledekan gunung yang ngedrop mentalnya.

Perawatan tledekan gunung tidak jauh berbeda dengan perawatan burung teritorial lain seperti murai batu, kacer, maupun ciblek. Karena termasuk jenis burung teritorial, maka penanganannya pun harus diperhatikan, terutama agar tidak terlalu sering dipertemukan atau didekatkan burung sejenis.

Tledekan gunung yang sedang ngedrop bisa dipengaruhi oleh banyak hal, khususnya yang menyangkut pola pakan dan perawatan hariannya. Selain itu, ngedrop juga bisa terjadi karena kurang mental, misalnya burung yang kalah mental setelah bertanding.

Berikut beberapa penyebab umum tledekan gunung mudah alami ngedrop:

  • Burung yang ngedrop mental karena pola rawatan yang kurang tepat, terutama karena kurang tersedianya pakan atau vitamin yang dibutuhkan.
  • Burung ngedrop akibat trauma, misalnya diserang predator, sangkar terjatuh, atau karena terlalu sering mendengarkan / didekatkan dengan burung sejenis.
  • Terjadi gangguan kesehatan akibat pola pakan yang salah atau kurang terjaganya kebersihan sangkar. Bisa juga karena infeksi tungau / kutu yang menyebabkan burung gampang stres dan ngedrop.

Untuk mengatasinya, dibutuhkan penanganan yang tepat agar kondisi burung bisa kembali pulih seperti sedia kala. Berikut tips dan cara perawatan jika burung tledekan gunung ngedrop mentalnya:

Segera dikarantina atau dipisahkan dari keberadaan burung peliharaan lain, terutama burung sejenis maupun teritorial lainnya. Hal ini bertujuan agar burung bisa lebih tenang sehingga proses pemulihan bisa berlangsung lebih cepat.

Berikan pakan extra (EF) seperti biasanya atau tidak perlu dirubah, begitu juga dengan perawatan mandi dan jemurnya. Adapun untuk pola rawatan lain yang harus dilakukan adalah mulai memberikan terapi mandi malam. Mandi malam bisa dilakukan setiap dua hari sekali, dengan tetap mempertimbangkan faktor suhu dan cuaca. Mandi malam dilakukan sekitar pukul 19:30 – 20:00 dengan cara disemprot menggunakan hand sprayer hingga basah kuyup.  Setelah itu, burung dikerodong sampai pagi hari.

Lakukan pengembunan dengan lebih rutin, karena manfaat pengembunan sangat baik untuk mengatasi stres dan memancing burung kembali beraktivitas seperti biasa.

Dengan menerapkan pola rawatan di atas secara teratur, tledekan gunung yang sedang ngedrop akan kembali pulih kondisinya sehingga bisa menjadikan rumah lebih ramai lagi dengan suara kicauannya.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *