Cara Mencegah dan Mengatasi Masalah pada Kaki Kenari

  • Whatsapp

Cara kenari bertengge bisa menjadi indikasi bahwa burung sedang sakit atau sehat. Gejala paling umum adalah kenari yang selalu mengangkat sebelah kakinya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, maka bisa dipastikan ada masalah dengan kakinya tersebut. Berikut cara mencegah dan mengatasi masalah pada kaki kenari.

Kenari merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang cukup banyak peminatnya. Selain mempunyai penampilan dan warna bulu yang cantik, kenari juga memiliki suara kicauan yang mengalun cukup merdu.

Namun begitu, kenari adalah juga burung yang cukup rentan mengalami masalah pada kaki-kakinya. Walaupun tidak mengurangi penampilannya saat berkicau, namun jika masalah ini terus dibiarkan tentu akan bisa sangat mengganggu. Burung pun jadi rentan stres karenanya.

Berikut beberapa permasalahan di seputar kaki yang kerap dialami oleh burung kenari:

1. Kaki kenari yang luka 

Luka pada kaki kenari biasanya disebabkan kondisi sangkar yang sudah rusak, misalnya jeruji dasar sangkar ada yang patah atau sehingga ujung patahannya yang tajam akan menyebabkan kaki kenari terluka.

Selain itu, kaki kenari juga bisa luka jika menggunakan tenggeran yang memilik permukaan yang terlalu kasar/ berduri, misalnya karena banyak bekas potongan-potongan dahan yang belum dirapihkan.

Penyebab lain adalah cepuk minum atau pakan yang mempunyai pinggiran terlalu tajam, atau bisa juga luka karena sangkar terjatuh maupun akibat diganggu hewan lainnya. Untuk mengobati luka bisa dilakukan dengan mengoleskan cairan antiseptik untuk mencegah bakteri atau mengoleskan sabun untuk menghambat keluarnya darah dari luka tersebut.

2. Telapak kaki yang bengkak karena penyakit 

Kaki kenari yang bengkak karena penyakit seperti bumblefoot atau bulbulan umumnya disebabkan oleh pola perawatan yang kurang tepat, terlalu banyak mengkonsumsi pakan berserat, obesitas, kekurangan gizi, dan sangkar yang jarang dibersihkan.

Bengkak yang terjadi tersebut pada awalnya berupa benjolan kecil seperti jerawat, yang lama-kelamaan membesar dan menyebabkan kenari kesulitan berdiri / bertengger. Dalam banyak kasus, kenari akan selalu mengangkat salah satu kakinya.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan penanganan yang tepat, mulai dari menjaga kebersihan sangkar dan perlengkapannya, memberikan asupan pakan yang bernutrisi, rutin melatih kenari di kandang umbaran, serta teratur memberikan penjemuran di bawah sinar matahari pagi.

Adapun untuk mengobati masalah kaki kenari yang bengkak karena infeksi atau penyakit, tentu dibutuhkan obat-obatan yang tepat. Di pasaran pun kini sudah banyak obat-obatan khusus burung yang bisa anda gunakan untuk mengobatinya.

3. Bengkak karena gigitan nyamuk 

Bengkak akibat gigitan nyamuk biasanya terjadi jika sangkarnya tidak diberikan full kerodong pada malam hari atau ketika burung beristirahat. Untuk mengatasinya, cukup dioleskan dengan salep khusus kulit yang aman digunakan pada burung.

4. Adanya pembuluh darah yang bengkak

Pembuluh darah yang bengkak juga merupakan salah satu masalah umum yang dialami oleh kenari pada kaki-kakinya. Ada banyak penyebab kaki kenari alami bengkak pembuluh darah, misalnya akibat infeksi bakteri, trauma akibat terjatuh, dsb.

Untuk mengatasinya dibutuhkan perawatan yang sangat rutin dan teratur, terutama pemberian pakan yang bernutrisi disertai dengan pemberian suplemen multivitamin.

5. Kaki yang berkerak 

Kaki berkerak dikenal dengan istilah Scally leg. Masalah ini sering disebabkan oleh infeksi tungau berkaki delapan yang dikenal dengan nama Knemidokoptes pilae. Tungau ini sangat kecil sehingga sulit dilihat dengan mata telanjang.

Untuk mengatasinya tentu dibutuhkan penanganan yang tepat, apalagi jika kerak pada kakinya sudah kian membesar. Cara yang lazim dilakukan adalah memotong lapisan kerak tersebut lalu segera mengoleskan dengan obat-obatan yang tepat.

6. Kaki kenari terinfeksi jamur 

Infeksi jamur biasanya disebabkan oleh kondisi sangkar yang ;tidak bersih atau terlalu kotor. Hal ini antara lain akibat sang pemilik yang jarang atau tidak pernah membersihkan sangkar dari kotoran.

Untuk mengatasi masalah kaki kenari yang terinfeksi jamur bisa dilakukan dengan mengoleskan salep khusus untuk burung, atau bisa juga memanfaatkan salep yang aman digunakan pada burung.

Untuk mendukung penyembuhannya, selain memberika perawatan dan pengobatan dengan ara yang tepat, kicaumania juga harus memberikan tambahan suplemen vitamin setiap harinya. Pemberian suplemen tersebut bisa membantu menjaga kondisi burung sepanjang hari.

Itulah beberapa tips bagaimana mencegah dan mengatasi kaki kenari yang bermasalah.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *