Cara Mencegah dan Mengatasi Burung Kolibri yang Stres

  • Whatsapp

Burung-madu aka kolibri rentan alami stres jika tidak mendapatkan perawatan yang baik. Biasanya, untuk memulihkannya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk burung bisa kembali rajin berbunyi. Sebagai panduan, berikut cara mengatasi burung kolibri yang stres.

Burung kolibri atau burung-madu adalah juga burung yang memiliki mental petarung atau fighter. Ketika bertemu dengan burung pejantan dari satu jenisnya, maka ia akan langsung melawan untuk tujuan mengusirnya dari wilayah yang dikuasainya (teritorial).

Namun yang membedakan jenis burung ini dari burung peliharaan lain adalah pemberian pakannya. Kolibri adalah pemakan nektar, sehingga untuk menjaga kondisinya selalu prima maka kebutuhan pakan tersebut harus bisa dipenuhi oleh si pemilik burung.

Ketika kebutuhan utamanya itu tidak terpenuhi, maka kolibri akan rentan stres yang berujung pada macet bunyi, sakit, atau bahkan kematian. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, simak beberapa cara mengatasi stres pada burung kolibri.

Mencegah dan mengatasi stres dengan pakan dan suplemen yang tepat 

Salah satu faktor terpenting dalam perawatan burung kolibri agar tetap fit dan aktif adalah memenuhi kebutuhan hariannya. Sebagai pemakan nektar, kolibri akan membutuhkan asupan pakan yang tinggi nutrisi tersebut untuk menunjang aktivitas hariannya.

Tapi tak sedikit kicaumania yang mengabaikan pemberian nektar maupun sekedar air gula untuk burung rawatannya itu. Alhasil, burung jadi mudah stres, lemas, kurang aktif, dan tidak bertenaga untuk beraktivitas maupun berkicau.

Untuk mencegah dan mengatasinya, segera perbaiki nutrisi yang diberikan kepada burung tersebut. Untuk menjamin kebutuhan hariannya, berikan saja Nesktar yang bermanfaat tak hanya sebagai pakan tambahan (EF) saja tetapi juga sebagai multivitamin lengkap yang dibutuhkan burung.

Berikan nektar kolibri kristal setiap pagi sebanyak satu sendok makan, dengan dilengkapi pemberian pakan tambahannya yang lain seperti kroto, ulat hongkong, atau laba-laba kecil. Dengan memberikan pakan dan suplemen tersebut secara rutin dapat membantu mencegah dan mengatasi kolibri dari stres.

Memutarkan audio pemancing 

Kolibri yang terlanjur stres dan berhenti berkicau, bisa dipancing untuk kembali rajin bunyi dengan cara memutarkan suara terapi yang berisikan audio rekaman atau suara panggilan dari burung kolibri lain yang sudah gacor.

Itulah cara mencegah dan mengatasi stres pada burung kolibri.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *