Cara Membasmi Tungau Atau Tumila Di Kasur dan Tempat Lainnya

  • Whatsapp
cara-membasmi-tungau

Tumila merupakan salah satu hewan yang di anggap menjijikan, karena salah satu tempat yang biasa hewan ini tempati adalah tempat yang kotor, lembab, dan gelap.

Biasanya banyak orang ketika teringat tentang tumila, akan teringat tentang kasur yang kotor. Meskipun kasur kotor merupakan sumber tumila bisa tumbuh, akan tetapi bukahlah satu satu-satunya tempat favorit bagi tumila, adapun tempat lainnya yang biasa tumila tempati, seperti Sofa, Karpet dan tempat lainnya.

Bagi yang rajin membersihkan Rumah, tentunya tidak berkemungkinan tumila tidak bisa tumbuh di dalamnya. Dan tentunya jika tempat anda memiliki banyak tumila, maka di sebababkan oleh jarangnya membersihlkan rumah dan beberapa factor lainnya.

Penyebab Adanya Tumila

Penyebab tumila muncul di rumah, secara umum disebabkan oleh kotornya suatu tempat yang tidak dibersihkan, sehingga tempat tersebut menjadi tempat yang disukai tumila untuk berkembang biak.

Namun, sebaiknya jangan meremehkan tumila ini, karena tumila suka menghisap darah manusia sewaktu-waktu dan tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh seseorang.

Bahaya Gigital Tungau

Mungkin sebagian dari kita pernah mengalami ketika baru bangun tidur , di beberapa anggota tubuh terasa nyeri, dan ketika dilihat memiliki bekas gigitan yang bewarna merah.

Bekas gigitan dari tumila terlihat lebih lebar warna merahnya, dibandingkan bekas gigitan dari nyamuk yang terlihat kecil.

Ketika gatal tentunya akan membuatnya untuk menggaruk dari bekas gigitan tungau tersebut, dan bisa membuatnya menjadi infekti. Dan terlebih, bekas gigital tungau akan lebiih lama dibandingkan bekas gigital nyamuk. Dan akan mengurangi penampilan seseorang.

Baca Juga : Cara mengusir lalat agar tidak kembali

  1. Kapur barus dan Minyak Tanah

 Penggunaan kapur barus dan minyak tanah, tentunya tidak bisa di pakai untuk membasmi tumila yang berada di kasur, atau barang-barang yang masih bisa dipakai, karena akan menyisakan bau yang tidak enak.

Namun, minyak tanah dan kapur barus sangat efektif untuk membunuh tumila hingga ke telur-telurnya. Jadi jika suatu ruangan yang dimiliki yang ingin di basmi tumilanya, bisa dengan menggunakan bahan ini untuk membunuhnya dengan capat.

  1. Memanaskan Suhu

Untuk bisa hidup dengan baik, tumila membutuhkan suhu yang lembab, kotor, gelap. Maka, ketika kasur, sofa terdapat tumila maka bisa dengan cara menjemurnya, memanaskan kasur dengan menggunakan alat pembersih uap dan alat lainnya, untuk meningkatkan suhu kasur yang ingin di tingkatkan suhunya.

  1. Insektisida

Anggap saja tumila yang sudah kalian dapatkan dan berhasil untuk di kumpulkan, seperti dengan membersihkan sofa dan juga kasur. Agar tumila dan telurnya benar-benar mati, maka bisa dengan menggunakan Insektisida.

Cara Membasmi Tungau Secara Alami

Jika, bahan-bahan yang seperti disampaikan di atas, tidak memungkinkan untuk di lakukan, maka bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir tumila.

  1. Bunga pandan

Biasanya daun pandan digunakan untuk keperluan memasak, karena memiliki aroma yang sedap untuk menambah citarasa masakan.

Namun, untuk membasmi tumila, maka bisa dengan menggunakan bunga pandan yang di tempelkan atau di dekatkan dengan tempat yang ingin diusir tumilanya.

  1. Daun Sirsak

Daun sirsak memiliki aroma yang khas dan memiliki manfaat untuk tubuh ketika di konsumsi.akan tetapi daun sirsak juga dapat membantu dalam menghilangkan tumila yang bersarang di sofa, kasur atau tempat lainnya.

Untuk melakukannya, maka tumbuk terlebih dahulu hingga baunya terhirup dan simpan di tempat yang banyak tumilanya dengan menggunakan tatakan atau wadah lainnya.

  1. Cuka

Cara membasmi tungau atau tumila secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Karena rasa asam dan bau cuka tersebut tidak disukai oleh tungau, sehingga mambuatnya tidak betah dan mati karena terkena cairan cuka yang melukai kulit tungau.

Ketika di suatu tempat di anggap banyak tumilanya, maka temen-temen bisa dengan memercikan air cuka tersebut.

  1. Lilin

Lilin merupakan cara yang ampuh untuk mengusir tumila dengan mudah, dengan mencairkan lilin dengan menggunakan panas api dan teteskan di tempat yang biasa di tempati oleh tumila tersebut.

Nah, demikianlah cara membasmi tumila dengan mudah sehingga bisa mengusirnya dan sekaligus membutuh tumila yang bisa kalian terapkan dirumah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *