Cara Membasmi Jentik Nyamuk Di Segala Tempat

  • Whatsapp
cara-membasmi-jentik-nyamuk

Penyakit yang berbahaya yang di sebabkan oleh nyamuk sangat beresiko sekali untuk kesehatan tubuh, karena dapat membuat tubuh terserang demam berdarah.

Pencegahan untuk menghindari banyaknya nyamuk adalah dengan membasmi jentik nyamuk, yang menjadikan cikal bakal nyamuk yang kemudian hari menyerang kita ketika sudah tumbuh dewasa.

Selain dalam membasmi nyamuk, membasmi jentik nyamuk juga menjadi suatu hal yang penting untuk dilakukan, agar menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.

Banyak hal yang menyebabakan banyaknya jentik nyamuk di lingkungan kita, atau di rumah, seperti :

  • Banyak sampah yang menumpuk di lingkungan
  • Banyaknya genangan air kotor
  • Terdapat banyaknya tumpukan barang-barang yang sudah tidak terpakai

Selain dari penyebab banyaknya jentik nyamuk pada penjelasan di atas, tentunya ada beberapa lainnya yang membuat banyaknya jentik nyamuk. Namun , untuk menghindari hal-hal yang tidak di ingikan, dapat menghindari banyaknya nyamuk di rumah.

Dalam membasmi jentik nyamuk, sebenarnya tidak terlalu sulit dibandingkan dengan membasmi nyamuk itu sendiri. karena jentik nyamuk belum bisa terbang, dan biasanya jentik nyamuk hidup di genangan air yang kotor.

Cara Membasmi Jentik Nyamuk Secara Alami

Salah satu sarat untuk berkembang biak untuk nyamuk adalah genangan air yang kotor. Misalkan, di tempat anda memiliki gengangan air dalam wadah ember dalam waktu lama, sehingga membuatnya menjadi kotor dan tempat tersebut tempat terbaik untuk nyamuk berkembang biak di genagan air tersebut.

  1. Membasmi Dengan Ikan

Mungkin di lokasi tempat anda memiliki kolam yang tidak terurus oleh pemiliknya atau anda memiliki kolam kecil yang tidak terurus.

Untuk menghindari banyaknya jentik nyamuk pada kolam tersebut, maka sebaiknya peliharalah ikan cupang atau ikan lele. Sehingga ketika banyak jentik nyamuk di kolam, maka ikan tersebut langsung memakannya.

Lihat juga : cara membasmi lintah

Namun, pilihlah ikan yang menyukai pakan dari jentik nyamuk, karena tidak semua ikan menyukai jentik nyamuk untuk di konsumsi.

  1. Daun Sirih

Mungkin untuk memelihara ikan cupang di tempat penampungan air untuk di pakai mandi , untuk memasak tidak memungkinkan menggunakan ikan dalam membasmi jentik nyamuk. Maka kalian bisa dengan menggunakan daun sirih.

Daun sirih menjadi atiseptik alami untuk membasmi jentik nyamuk, sehingga jentik nyamuk tidak bisa hidup di dalam air yang sudah di campuri dengan air daun sirih.

Siapkan daun sirih secukupnya, sesuai dengan ukuran bak mandi anda. Rebus hingga matang, dan diamkan hingga dingin. Setelah dingin, maka air rebusan daun sirih tersebut sudah siap untuk digunakan dalam membasmi jentik nyamuk dengan cara mencapurkannya ke bak madi, sumur atau kolam.

  1. Garam Krosok

Garam krosok atau garam kasar bisa dijadikan untuk menghilangkan jentik nyamuk pada bak mandi atau kolam.

Cara membasmi jentik nyamuk dengan garam, bisa dengan cara membersihkan garam kasar tersebut terlebih dahulu, lalu di taburkan kedalam kolam, bak mandi atau sumur .

Jentik nyamuk , akan bisa hidup hanya di air tawar, ketika di taburi garam maka akan membuat air menjadi asin dan membunuh jentik nyamuk itu sendiri.

  1. Fogging

Fogging atau pengasapan, bukan hanya untuk membasmi jentik nyamuk, akan tetapi dapat membasmi nyamuk itu sendiri.

Biasanya cara ini dilakukan secara masal dari lingkungan, dengan menyemprotkan asap yang sudah campurkan dengan bahan kimia untuk mengusir nyamuk, seperti Insektisida.

  1. Tawas dan Biji papaya

Jika sebagian dari kita tidak merasa nyaman untuk menggunakan bahan kimia untuk memasmi jentik nyamuk. Maka bisa dengan menggunakan campuran tawas dan biji papaya yang di celupkan ke bak mandi atau kolam.

Untuk membuatnya, dengan mengeringkan bubuk biji papaya dan menumbuknya hingga bubuk, lalu campurkan dengan Tawas.

Setelah bubuk biji papaya kering dan tawas di campurkan,lalu bungkus dengan menggunakan kapas agar tidak berceceran bubuk biji pepayanya. Setelah itu, calupkan kedalam bak, kolam atau tempat yang ingin di hilangkan jenting nyamuknya.

Dengan melihat cara membasmi jentik nyamuk pada penjelasan ini, maka setelah mempraktekannya dapat membantu anda untuk menghilangkan dan mencegah jentik nyamuk dair lingkungan, dan bahkan di rumah.

Related posts