Cara Membasmi Cacing Dikamar Mandi Dengan Mudah

  • Whatsapp
cara-membasmi-cacing-dikamar-mandi

Bagi sebagian orang cacing merupakan hewan yang di anggap sangat menjijikan, namun ada juga yang tidak terlalu memperhatikan meskipun cacing tersebut berada di kamar mandi.

Mungkin , para pembaca banyak yang tidak menyukai cacing berada di kamar mandi, dan mungkin anda salah satunya ? , karena merasa tidak nyaman di buatnya, meskipun cacing tidak akan menggigit.

Namun , siapa sangka dengan banyaknya cacing dalam kamar mandi, siapa tau dapat membawa penyakit yang mungkin akan menyerang kesehatan anda sewaktu-waktu.

Setiap cacing memiliki kebiasaan yang suka hidup di tempat lembab, seperti cacing tanah, cacing sutra dan cacing yang biasa ditemukan di kamar mandi.

Penyebab Adanya Cacing Di kamar Mandi

Kamar mandi yang tidak terawatt memiliki peluang besar munculnya cacing di kamar mandi, apalagi kamar mandi tersebut terbuat dari semen dengan terdapat sela-sela retak kecil, sehingga cacing bisa hidup di bawah lantai dari semen tersebut.

Salah satu cara membasmi cacing dikamar mandi adalah dengan membersihkan kamar mandi itu sendiri. Namun, hal tersebut tidak menjamin cacing akan benar-benar hilang di kamar mandi. Akan tetapi, setidaknya dengan membersihkan kamar mandi lebih menjauhkan kamar mandi dari cacing.

Ada banayk factor yang menyebabkan timbulnya cacing di kamar mandi,yang mungkin tidak anda sangka sebelumnya, seperti pada penjelasan di bawah ini.

  1. Saluran Air

Dari setiap penampungan air tentunya memiliki sumber air tersendiri, sehingga air tersebut sampai di penampungan air, seperti penampungan di toren, penampungan air di bak dan lain sebagainya.

Mungkin , untuk penampungan air bisa anda bersihkan secara rutin, namun untuk sumber air tersendiri bisa jadi terdapat banyak cacing hidup di dalamnya dan terbawa ke penampungan air yang anda miliki.

Sumber air memang berbeda-beda setiap rumah, entah itu sumber air yang di dapat dari sumur, PDAM, saluran pipa Air Umum yang bocor, dan berbagai macam sumber air lainnya.

  1. Cacing dari pembuangan Air

Cacing juga, selain bisa datang dari sumber air yang di dapat, bisa juga datang dari saluran pembuangan juga. Seperti yang telah di sampaikan di atas, bahwa cacing suka diam ditempat lembab.

Jika jarang di bersihkan saluran air, maka akan membuat cacing bisa berkembang biak lebih banyak dan akan masuk ke kamar mandi sewaktu-waktu.

Cara Membasmi Cacing Dikamar Mandi

Untuk membasmi cacing dikamar mandi, sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya perlu merawat kamar mandi secara rutin, agar mencegah dan menghilangkan cacing dikamar mandi dan bisa terhindar dari penyakit yang tidak di inginkan.

  1. Karbol

Karbol memiliki bau yang sangat menyengat, selain itu karbol dapat membasmi cacing dan telurnya dengan cepat.

Karbol digunakan untuk membersihkan lantai,selain digunakan untuk menghilangkan kuman dan bakteri, karbol juga bisa digunakan untuk membasmi cacing yang ada di kamar mandi.

  1. Garam

Garam biasanya di gunakan untuk memasak dan juga keperluan lainnya. Cara membasmi cacing dikamar mandi menggunakan garam, maka sebaiknya gunakan garam kasar yang bisa kalian pilih.

Garam, bukan hanya di gunakan untuk membasmi cacing, akan tetapi garam juga memiliki manfaat untuk membasmi lintah di kamar mandi.

Lihat Juga : Cara Membasmi Lintah Secara Alami & Cara Membasmi jentik Nyamuk

Untuk menggunakannya, bisa dengan cara menyiapkan garam secukukupnya ,lalu taburkan ke sumur jika sumber air yang di dapat dari sumur.

Jika sumber air yang di dapat dari PDAM atau saluran pipa umum, maka kalian bisa dengan membersihkan kamar mandi dengan menggunakan air garam.

Cara Mencegah Munculnya Cacing Dikamar Mandi

Mencegah merupakan cara yang lebih baik di bandingkan cara membasmi cacing dikamar mandi, karena lebih memungkinkan kesehatan tubuh lebih terjaga , jika dibandingkan dengan terlanjur banyak cacing di kamar mandi.

  1. Bersihkan Bak Mandi Atau Toren

Dari berbagai sumber air yang berbeda setiap yang dimiliki, maka sebaiknya lakukan secara rutin untuk membersihkan bak mandi. Karena kita tidak bisa tau, kapan cacing bisa ada di bak mandi.

Dengan jarangnya membersihkan kamar mandi, di khawatirkan malah banyaknya cacing berkembang biak dan membuat kemungkinan besar menyerang kesehatan anda.

  1. Bersihkan Lantai dan Dinding Kamar Mandi

Selain bak mandi atau toren, maka kalian bisa berbarengan dengan membersihkan lantai dan juga dinding dari kamar mandi. Agar , bakteri, kuman dan cacing yang mungkin terbuang dari bak mandi yang sudah dibersihkan bisa terbuang hingga ke saluran pembuangan air.

  1. Tambal Sela-sela Tembok yang Bolong

Cacing bisa hidup di sela-sela dinding atau lantai kamar mandi yang rudak, selama suhunya lembab. Karena di khawatirkan, ketika di bersihkan, justru cacing tersebut bisa bersembunyi dengan aman dari lubang, sela-sela lantai atau dinding kamar mandi yang bolong tersebut.

Maka dari itu, untuk mengatasinya bisa dengan cara menambalnya, dengan menggunakan semen atau media lainnya, sehingga lubang yang bocor atau retak tersebut dapat tertutupi.

Demikianlah cara membasmi cacing dikamar mandi dan juga cara mencegahnya yang bisa kalian coba terapkan di rumah untuk membuat kamar mandi menjadi lebih bersih dan terhindari dari berbagai macam penyakit yang mungkin akan menyerang kesehatan tubuh, dari banyaknya cacing yang hidup di kamar mandi.

Related posts