Cara Memaksimalkan Durasi Ngekek Lovebird

  • Whatsapp

Durasi ngekek kini menjadi bahan pertimbangan para kicaumania dalam pemilihan lovebird yang akan dilombakan. Burung yang mampu ngekek dalam durasi yang lama dianggap bisa menarik perhatian juri sehingga bisa memberi nilai tambah ketika burung dilombakan. Untuk itu, simak cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird berikut ini.

Ada beberapa penyebab mengapa durasi ngekek lovebird cenderung pendek atau tidak lebih dari 10 detik, di antara penyebab paling umum adalah:

Faktor trah / keturunan 

  • Indukan lovebird yang ngekek pendek cenderung menghasilkan keturunan dengan kemampuan yang sama, tapi jangan khawatir karena dengan perawatan yang tepat, lovebird mania bisa memoles burung rawatannya agar mempunyai suara ngekek yang lebih panjang.

Faktor rawatan harian

  • Burung yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat akan cenderung kurang maksimal dalam berbunyi. Kondisi ini juga mempengaruhi durasi ngekeknya atau bahkan lovebird tidak mau ngekek sama sekali. Untuk itu, dibutuhkan penanganan yang tepat terutama dalam hal pemberian pakan biji-bijian dan tambahan (EF) agar lovebird memiliki durasi ngekek yang lebih panjang.

Fisik dan kondisi 

  • Jika fisik dan kondisi lovebird tidak memungkinkan, misalnya sedang sakit, mabung, atau stres maka durasi ngekeknya akan menurun dari yang biasanya panjang. Bahkan burung yang sudah gacor pun akan mengalami perubahan kondisi. Untuk itu,silakan simak penyebab durasi lovebird jadi pendek dan cara mengatasinya

Pada umumnya, setiap individu lovebird mempunyai kemampuan ngekek yang berbeda-beda. Namun hal ini bisa diatur melalui serangkaian perawatan dan settingan yang tepat. Dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini, maka kita memaksimalkan durasi ngekeknya jadi lebih panjang.

  • Rutin mengembunkan lovebird setiap pagi.
  • Melatih stamina dan fisik dengan menggunakan kandang umbaran.
  • Menambahkan suplemen multivitamin ke dalam air minum untuk meningkatkan stamina dan daya tahan tubuhnya sepanjang hari. Dengan demikian, nafas lovebird akan jadi lebih panjang sehingga durasi ngekeknya akan menjadi lebih maksimal.
  • Memberikan terapi mandi malam secara teratur dengan memperhatikan kondisi suhu dan cuaca pada saat itu.
  • Melatih stamina dan daya tahan dengan terapi-terapi di luar kebiasaan seperti berenang, jemur sauna, dsb. Untuk lebih amannya, gunakan terapi yang benar-benar dibutuhkan.
  • Pemasteran setiap hari dengan audio yang sesuai untuk menciptakan suara ngekek yang lebih panjang durasinya.

Demikian beberapa cara memaksimalkan durasi ngekek lovebird.

Semoga manfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *