Cara Melatih Mental Ciblek Muda Agar Rajin Bunyi

  • Whatsapp

Melatih mental ciblek muda / anakan umumnya dilakukan agar kelak burung tersebut bisa memiliki mental jawara dan tangguh di arena lomba. Banyakcara melatih mental ciblek muda, berikut beberapa di antaranya:

Ciblek yang masih muda umumnya belum mempunyai kondisi mental yang cukup baik untuk disiapkan sebagai burung lomba. Perlu perawatan yang tepat dengan didukung latihan-latihan khusus yang dapat mendongkrak mentalnya secara bertahap sampai burung mempunyai kesiapan untuk bertarung.

Adapun ciri-ciri burung ciblek yang sudah mempunyai mental yang bagus dan siap lomba adalah:

  1. Rajin bunyi kapan dan dimana saja burung berada, termasuk saat dipegang dengan tangan pun burung akan tetap bunyi mengeluarkan suara tembakannya.
  2. Perilaku burung yang cenderung tenang, tidak gelisah sewaktu berada di keramaian.
  3. Berdiri tegap, tidak bungkuk saat bertengger, sayap mengapit rapat dengan bulu-bulu di seluruh tubuhnya yang sehat, cerah, dan tidak mengembang.
  4. Agresif saat melihat burung pejantan lain di dekatnya.

Melatih mental ciblek muda membutuhkan penanganan yang penuh perhatian. Agar hasil latihannya bisa lebih maksimal, maka harus juga didukung dengan perawatan harian yang rutin dan teratur terutama dari segi pemberian pakan, vitamin, dan perawatan umum lainnya.

Berikut tips melatih mental ciblek muda:

  • Biasakan menggantungkan sangkarnya di tempat yang ramai atau banyak aktivitas manusia, hal ini agar kelak burung tersebut tidak kaget sewaktu dibawa ke lokasi yang ramai seperti di arena lomba, dsb.
  • Jauhkan dari keberadaan burung sejenis baik yang seumuran maupun yang sudah dalam kondisi mapan. Hal ini untuk menumbuhkan sifat teritorial yang merupakan karakter alami dari burung ciblek.
  • Penjemuran bisa dilakukan dengan menggunakan kandang umbaran atau kandang yang cukup luas. Hal ini berguna untuk melatih burung agar terbang bebas serta mencegah stres yang disebabkan oleh cuaca panas ketika burung dijemur terlalu lama. Melatih di kandang umbaran juga bermanfaat untuk memaksimalkan suara kicauan dan staminanya.
  • Putarkan suara masteran yang sesuai karakter, terutama suara-suara tembakan seperti suara prenjak, lovebird ngekek, dsb karena dapat mempengaruhi irama ngebren yang dimiliki burung ciblek tersebut jadi lebih panjang.
  • Setiap 1-2 minggu sekali, burung dimandikan dengan cara dipegang. Hal ini bertujuan memberikan interaksi antara pemilik dengan burung rawatannya, sehingga burung akan semakin terbiasa dengan manusia dan tidak takut lagi untuk berkicau.
  • Berikan suplemen vitamin untuk mendongkrak mental, stamina, dan daya tahan burung setiap hari. Pemberian secara rutin juga mampu jadikan ciblek makin rajin bunyi dengan suara yang lebih kencang.

Itulah beberapa cara melatih mental ciblek muda / anakan.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *