Cara Melatih Mental Burung Kolibri Agar Siap Lomba

  • Whatsapp

Kolibri aka burung-madu yang belum siap mental umumnya akan lebih banyak diam saat dilombakan. Oleh karena itu, sebelum membawanya ke arena lomba, ada baiknya kita menyiapkan mentalnya terlebih dahulu. Berikut cara melatih mental burung kolibri agar siap lomba.

Ciri-ciri burung kolibri bermental bagus adalah langsung mengeluarkan suara ocehannya saat di gantangan. Beberapa jenis kolibri seperti kolibri ninja dan kolibri wulung bahkan memiliki gaya berkicaunya yang khas saat bertemu lawan tandingnya di lapangan.

Oleh karena itu, agar kolibri dapat tampil maksimal di laangan, maka kita harus melatih mentalnya terlebih dahulu. Tujuan pelatihan mental tersebut adalah agar burung lebih fighter serta mampu mengerahkan semua kemampuannya di gantangan.

Berikut beberapa cara melatih mental kolibri agar siap lomba:

  • Kolibri yang bagus mentalnya akan sangat lahap memakan makanannya, terutama kroto.
  • Pemberian pakan yang tepat dapat menjadikan mental burung kolibri kian terdongkrak. Kroto adalah salah satu jenis pakan tambahan (EF) yang memilki banyak manfaat untuk burung kolibri. Selain untuk menjaga kondisinya, pemberian kroto secara rutin diyakini cukup ampuh untuk mendongkrak mental dan staminanya. Selain kroto, kolibri juga dapat diberikan pakan tambahan lain seperti nektar, laba-laba kecil, dan ulat hongkong yang berwarna putih.
  • Jika memeleihara lebih dari seekor burung kolibri di rumah, maka pisahkan kolibri yang akan dilatih mentalnya itu dari keberadaan kolibri lainnya selama satu – dua minggu. Setiap beberapa hari sekali, diputarkan suara rekaman burung kolibri yang sudah gacor untuk memancing emosinya.
  • Setiap siang hingga sore hari, sangkar kolibri diberikan full kerodong, setelah itu dapat diputarkan suara masterannya.
  • Lakukan pengembunan secara rutin dan teratur.
  • Jika kolibri belum pernah dilombakan, maka melatih mentalnya bisa dilakukan dengan sering membawanya ke arena lomba tetapi tidak untuk dilombakan. Gantangkan sangkarnya di lokasi lomba untuk melatih burung beradaptasi dengan suasana lomba.
  • Mendongkrak mental bisa juga dilakukan dengan melakukan pengecasan atau ditempel betina pada H-1 sebelum dibawa ke lapangan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka pemberian pakan untuk burung kolibri harus mendapat perhatian utama. Pemberian pakan tersebut penting karena sangat berkaitan dengan kondisi fisik dan mentalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *