Cara Melatih Lovebird untuk Lomba

  • Whatsapp

Mendidik lovebird untuk lomba perlu dilakukan terutama agar burung memiliki kesiapan mental yang lebih baik. Kesiapan mental tersebut dibutuhkan terutama agar burung tidak gampang ngedrop dan lebih teruji saat berada di lapangan.

Ada tiga potensi unggulan dari burung lovebird yang harus diasah oleh pemiliknya, yaitu kemampuan vokal, kekuatan nafas, dan ketahanan mentalnya. Ketiga unsur inilah yang menjadi dasar bagus tidaknya penampilan lovebird di lapangan.

Mendidik lovebird dengan mengolah kekuatan nafas 

Kekuatan vokal lovebird sangat berkaitan dengan kekuatan nafasnya. Dengan rutin memberikan latihan penguatan pada otot-otot dadanya, maka tarikan lovebird akan menjadi lebih tahan lama serta serta tidak mudah lelah. Ada beberapa macam cara mengolah kekuatan nafas, di antaranya adalah:

Melatih lovebird di kandang umbaran. Fungsi kandang umbaran secara umum adalah untuk melatih kekuatan otot dada agar burung memiliki tarikan nafas yang lebih panjang. Pengumbaran selain berpotensi menghilangkan dan mencegah stres, juga mampu membakar lemak di tubuhnya, khususnya timbunan lemak yang menekan kantung udara yang menjadi penyebab nafas lovebird jadi pendek.

Untuk memaksimalkan hasilnya, selama lovebird dilatih umbaran tersebut sebaiknya disertai pula dengan memberikan multivitamin untuk menjaga kondisi sekaligus meningkatkan stamina dan daya tahannya.

Mendidik lovebird dengan melatih mentalnya 

Umumnya, lovebird yang akan dilombakan haruslah yang sudah memiliki mental tarung / sifat fighter yang sangat baik. Walaupun lovebird tersebut mempunyai suara ngekek yang keras dan berdurasi, tapi jika mentalnya gampang ngedrop saat dilombakan tentu tidak akan memberikan hasil memuaskan.

Melatih ketahanan mental lovebird bisa dilakukan dengan berbagai macam cara mulai dari sering membawanya ke arena lomba untuk mengenalkannya dengan suasana lomba. Melatih mentalnya dengan sering ditrek burung sejenis yang berbeda koloni (diluar lovebird yang dipelihara di rumah) seperti di latihan kecil-kecilan dengan teman atau rekan satu komunitas, atau mulai melatihnya di gantangan dalam ajang latberan setiap 2-3 minggu sekali. Setelah burung telah teruji mentalnya, baru bisa rutin dilombakan.

Mendidik lovebird dengan melatih kemampuan vokal 

Melatih kemampuan vokal menjadi bagian terpenting dalam mendidik lovebird untuk lomba. Setiap burung yang akan dilombakan setidaknya harus memiliki kualitas dan kemampuan vokal yang baik, terutama burung yang memiliki suara isian yang lebih bervariasi.

Salah satu metode melatih kemampuan vokal yang paling popular adalah pemasteran. Pemasteran pada burung lovebird tentu tidak harus menjadikan burung mempunyai segudang suara isian yang bervariasi, tetapi lebih dikhususkan pada kualitas suara, terutama untuk menjadikan suara ngekeknya lebih memiliki variasi nada yang menarik dengan durasi yang panjang.

Ada beberapa suara masteran yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan vokal burung lovebird, yaitu:

  • Suara belalang emas yang dapat membuat tarikan nafas lovebird tambah panjang dan powerfull.
  • Suara lovebird yang sudah gacor dan ngekek panjang. Namun perlu diperhatikan, pemasteran menggunakan suara lovebird lain sebaiknya dilakukan di luar waktu aktif burung atau saat burung sedang beristirahat.
  • Suara tengkek buto yang terkenal dengan suaranya yang nonstop sehingga cocok dengan karakter vokal dari lovebird yang ngekek.

Itulah beberapa cara mendidik lovebird untuk lomba.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *