Cara Melatih Lovebird Tanpa Umbaran Agar Ngekek Panjang

  • Whatsapp

Meningkatkan durasi ngekek lovebird bisa dilakukan dengan mengolah nafasnya jadi lebih panjang. Biasanya, hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kandang umbaran. Tapi tahukah anda? Masih ada cara alternatif menambah durasi ngekek lovebird tanpa kandang umbaran. Simak ya ..

Kandang umbaran pada umumnya digunakan sebagai salah satu bentuk terapi atau latihan agar burung memiliki stamina yang kuat dan nafas panjang. Pada burung lovebird, kekuatan nafas yang dimilikinya bisa membentuk durasi ngekek menjadi lebih panjang.

Mengolah kekuatan nafas untuk menambah durasi ngekek lovebird tidak hanya menggunakan kandang umbaran saja, tapi ada juga cara-cara alternatif lainnya yang bisa dilakukan, yaitu:

Melatih lovebird dalam ruangan tertutup

Metode yang dilakukan kurang lebih sama seperti menggunakan kandang umbaran, hanya saja dengan ukuran yang jauh lebih luas. Untuk pelaksanaannya cukup menyiapkan sebuah ruangan / kamar yang tertutup.

Melatih lovebird dalam ruangan

Lepaskan lovebird di dalam ruangan yang telah disediakan beberapa tempat untuk bertengger tersebut. Untuk menjaga keamanannya, sebaiknya singkirkan terlebih dahulu barang atau benda-benda tajam yang ada di sana.

Melatih nafas dengan berenang

Berenang menjadi salah satu metode alternatif mengolah nafas lovebird jadi lebih panjang. Cara ini cukup popular di kalangan lovebird mania karena lebih terbukti efektif menambah durasi ngekeknya.

Melatih nafas lovebird berenang

Untuk terapi ini, cukup menyediakan satu buah baskom / ember berisi air bersih, lalu mencelupkan burung ke dalamnya untuk berenang. Namun cara ini terlalu beresiko jika dilakukan tanpa pengalaman yang cukup.

Oleh karena itu, untuk menjamin keamanan dan keselamatan burung, pastikan Anda telah didampingi oleh orang yang terbiasa melakukan hal tersebut.

Melatih nafas dengan mandi kering 

Mandi kering adalah terapi yang dilakukan lovebird mania dengan cara mandi dan jemur secara berulang-ulang. Terapi ini biasanya dilakukan untuk meningkatkan durasi ngekek lovebird dan untuk melatih fisik dan staminanya.

Cara yang dilakukan adalah memandikan lovebird, setelah itu dijemur sampai kering. Setelah kering, burung kembali dimandikan. Lakukan hal ini secara berulang-ulang dengan tetap memperhatikan kenyamanan burung tersebut.

Melatih nafas dengan mandi semprot

Mandi semprot juga menjadi sala hsatu cara mengolah nafas lovebird jadi lebih panjang. Cara ini dianggap paling aman karena berhubungan erat dengan pola rawatan harian yang umum. Cara mandi semprot adalah sebagai berikut:

  • Lovebird dimandikan hingga basah kuyup dengan cara disemprot hand sprayer, setelah itu burung dijemur hingga pukul 10:00.
  • Selesai dijemur, burung diangin-anginkan di tempat teduh selama 30 menit.
  • Setelahnya, lovebird kembali diberikan mandi semprot, lalu dijemur hingga pukul 12:00.
  • Selesai penjemuran burung dipindahkan ke tempat teduh lalu dimaster dengan suara-suara yang sesuai seperti suara walang kecek, dsb.

Demikian beberapa cara alternatif menambah durasi ngekek lovebird jadi lebih panjang. Yang penting diperhatikan selama pelatihannya tersebut adalah berusaha untuk menjaga stamina dan daya tahan burung setiap hari. Hal ini bisa dilakukan dengan menyediakan suplemen mulvitamin.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *